Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Berencana "Sogok" Influencer TikTok?

KOMPAS.com - Instagram sedang bersiap meluncurkan Reels, layanan berbagi video pendek yang bakal menjadi pesaing TikTok. Reels bakal hadir pada awal bulan Agustus.

Belakangan, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Instagram berencana "menyogok" para influencer TikTok supanya beralih mengisi konten di Reels. Instagram konon mengalokasikan dana senilai ratusan ribu dollar AS untuk keperluan tersebut.

Tak diketahui influencer mana saja di TikTok yang dibidik oleh Instagram. Yang jelas, apabila benar, maka rencana itu menggambarkan persaingan yang makin meruncing antara kedua media sosial.

Di sisi lain, TikTok sendiri juga menerapkan taktik yang mirip, melalui program pembagian dana senilai 200 juta dollar AS (Rp 2,9 triliun) untuk mendukung pendapatan kreator konten di platform itu.

Reels memiliki fitur berbagi video pendek yang mirip TikTok. Bedanya, durasi maksimal video di Reels lebih pendek, yakni 15 detik, berbanding 60 detik di TikTok.

Saat ini Reels sedang diuji coba di India, Brazil, Perancis, dan Jerman. Nantinya Reels akan diintegrasikan di dalam Instagram Stories. Instagram mengatakan Reels bakal hadir di 50 negara di seluruh dunia, tapi tanggal resmi peluncurannya belum diungkap.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Minggu (2/7/2020), Instagram dan perusahaan induknya, Facebook, agaknya merasa terancam dengan popularitas TikTok yang terus menanjak.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/02/13090087/instagram-berencana-sogok-influencer-tiktok-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke