Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MacBook Mendadak Tidak Bisa Dicas, Apple Menjelaskan

Apakah ada yang salah? Ternyata tidak juga. Apple belakangan menerangkan sebabnya, yakni fitur manajeman baterai yang diterapkan di macOS Catalina 10.15.5 atau yang lebih baru.

Menurut Apple dalam sebuah laman web support, fitur ini bertujuan meningkatkan umur baterai dengan cara mengurangi penuaan secara kimiawi.

"Saat manajemen kesehatan baterai dinyalakan, Anda mungkin melihat pesan 'Not Charging" di menu status baterai, dan kapasitas charging maksimum baterai akan dikurangi sementara," tulis Apple.

Lebih lanjut, Apple mengatakan bahwa hal tersebut normal dan komputer akan kembali mengisi baterai hingga 100 persen, tergantung penggunaan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Forbes, Kamis (6/8/2020), fitur battery health secara otomatis melakukan penyesuaian dengan memonitor pola charging dan temperatur baterai.

Penyebab lain "Not Charging"

Meski demikian, Apple menambahkan bahwa pesan "Not Charging" bisa muncul karena penyebab lain yang tidak berkaitan dengan fitur manajemen baterai.

Misalnya, apabila pengguna memakai perangkat charger yang tidak sesuai, atau yang keluaran dayanya terlalu rendah. Dalam kasus ini pun MacBook tidak mau mengisi baterai.

Dengan kata lain, pesan "Not Charging" sendiri memiliki lebih dari satu makna sehingga berpotensi membuat bingung pengguna soal apa yang jadi penyebabnya.

Bisa jadi "Not Charging" muncul karena memang ada pengaturan otomatis dari fitur manajemen kesehatan baterai di macOS. Bisa juga karena charger dan kabel yang digunakan tidak sesuai, atau memiliki keluaran daya terlalu kecil.

Atau jangan-jangan justru ada masalah hardware di sistem charging dan baterai macBook? Semoga saja nanti Apple bisa memunculkan notifikasi yang lebih spesifik menerangkan penyebabnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/06/13140097/macbook-mendadak-tidak-bisa-dicas-apple-menjelaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke