Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Galaxy Note 20, Samsung DeX Bisa Tersambung ke TV Tanpa Butuh Kabel

Artinya, pengguna Galaxy Note 20 dapat meneruskan tampilan ponsel pada monitor ataupun televisi tanpa harus menyambungkan keduanya dengan kabel. Syaratnya, layar yang digunakan mesti mendukung teknologi wireless Miracast. 

Samsung DeX sendiri merupakan sebuah fitur yang mampu menyulap Galaxy Note 20 series menjadi layaknya PC. Kemampuan ini cocok bagi pengguna yang ingin memanfaatkan ponsel menjadi serupa komputer, misalnya untuk melakukan presentasi.

Untuk menghubungkan Galaxy Note 20 series ke televisi atau monitor, terlebih dahulu aktifkan opsi Screen Mirroring di layar yang akan disambungkan.

Kemudian, tarik notification bar di Gaalxy Note 20 ke arah bawah, lalu pilih opsi Dex di panel Quick Settings. Perangkat kemudian akan mendeteksi layar yang bisa tersambung. Setelah sinkronisasi ponsel, televisi atau monitor akan menampilkan antarmuka dari ponsel.

Galaxy Note 20 sendiri bisa berfungsi sebagai "touchpad" untuk mengendalikan tampilan di layar TV dengan memilih opsi “Use phone as touchpad" di notification bar.  Pengguna bisa memakai jari atau stylus S pen untuk navigasi.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (16/8/2020), Langkah-langkah selengkapnya untuk memanfaatkan fitur Samsung DeX secara nirkabel di Galaxy Note 20 Series dapat disimak di situs Samsung di tautan berikut.

Meski mungkin mirip, DeX sebenarnya berbeda dari proses Screen Mirroring. Tampilan DeX di TV bukan sekadar menduplikasi apa yang ada di layar ponsel dalam ukuran yang lebih besar.

Pengguna DeX bisa menjalankan beberapa aplikasi, mengatur ukuran window, hingga menggunakan shortcut keyboard dan fungsi klik kanan pada mouse.

Pengguna juga bisa melihat notifikasi yang masuk ke ponsel lewat layar televisi. Sementara, ponselnya sendiri bisa tetap digunakan seperti biasa selagi menjalankan layar. Ketimbang mirroring, pengalaman memakai DeX pun lebih mirip dengan menggunakan dua layar di PC.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/16/19220027/di-galaxy-note-20-samsung-dex-bisa-tersambung-ke-tv-tanpa-butuh-kabel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke