Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Facebook Lite Disetop di Apple iOS

KOMPAS.com - Raksasa media sosial Facebook dikabarkan telah menghentikan layanan Facebook Lite. Hal ini pertama kali dilaporkan oleh situs berita teknologi Brasil, MacMagazine.

Penghentian layanan Facebook Lite juga telah dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook, namun hanya berlaku bagi pengguna iOS saja. Dukungan terhadap platform Android hingga kini masih diteruskan.

Saat berita ini ditayangkan, aplikasi Facebook Lite juga sudah tidak bisa dicari di toko aplikasi App Store, termasuk saat KompasTekno mengaksesnya dari Indonesia.

Dihentikannya layanan Facebook Lite ini pertama kali disadari oleh para pengguna di Brasil ketika mereka mengakses aplikasi Facebook Lite di perangkat iOS.

Setiap kali pengguna membuka aplikasi tersebut, disuguhi pemberitahuan yang meminta pengguna untuk menutup aplikasi, dan menyarankan pengguna beralih ke aplikasi utama Facebook.

"Facebook Lite untuk iOS akan dinonaktifkan, Anda dapat menggunakan aplikasi utama Facebook untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga," demikian pesan yang tercantum dalam notifikasi tersebut.

Facebook kemudian mengonfirmasi, bahwa perusahaan akan segera menghentikan operasi Facebook lite pada perangkat iOS.

"Karena adopsi dan peningkatan yang kami buat untuk meningkatkan pengalaman pengguna hanya sedikit, maka kami menghentikan dukungan Facebook Lite untuk iOS," tutur juru bicara Facebook, dikutip Kompastekno dari Newsbytesapp, Senin (17/8/2020).

Belum diketahui apakah Facebook juga akan menerapkan langkah serupa untuk platform Android.

Facebook Lite sendiri meluncur di Indonesia sejak Juni 2015. Aplikasi ini menyasar pengguna ponsel yang memiliki spesifikasi terbatas alias low-end, serta pengguna di negara dengan koneksi internet lambat.

Fitur-fitur dan desain yang dianggap memberatkan sistem dihapus di Facebook Lite. Facebook mengklaim Facebook Lite hanya memakan memori 430 KB dan bisa diakses hanya dengan menggunakan jaringan 2G saja.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/17/18320087/aplikasi-facebook-lite-disetop-di-apple-ios

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke