Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel Lawas Huawei Terancam Tidak Dapat Update Android Lagi

Sehingga, ponsel baru Huawei yang dirilis setelah tanggal tersebut hanya akan didukung Android Open Source Project (AOSP). Sementara ponsel lama yang dirilis sebelum 16 Mei 2019, dijanjikan masih akan mendapat pembaruan Android.

Tapi tampaknya, hal itu tidak akan lagi terjadi. Menurut dokumen Google pada bulan Februari, sebagaimana dikutip Washington Post, disebutkan bahwa pertimbangan khusus merupakan hasil dari penjaminan izin umum sementara atau Temporary General License (TGL).

Kabar buruknya, izin itu sudah kadaluwarsa pada Kamis (13/8/2020) lalu. Itu artinya, ponsel Huawei yang dirilis sebelum 16 Mei, seperti Mate 20 atau P30, terancam tidak akan lagi mendapatkan pembaruan aplikasi ke depannya.

Perpanjangan izin saat itu diberikan pemerintah AS untuk memberi waktu agar perusahaan telekomunikasi di AS bisa mengganti perangkat telekomunikasi Huawei mereka (seperti BTS), terutama yang berada di daerah pedesaan.

Efek dari perpanjangan izin itu, Huawei masih bisa memberikan update untuk ponsel-ponsel lawasnya.

Kendati demikian, operator seluler atau perusahaan telekomunikasi di AS tidak diwajibkan mengganti peralatan, sampai pemerintah federal memberikan dana untuk menggantinya dengan perangkat baru, yang sesuai dengan standar pemerintah AS.

Namun dirangkum KompasTekno dari Android Central, Selasa (18/9/2020), sampai saat ini pemerintah AS dikabarkan belum menganggarkan dana untuk update peralatan telekomunikasi itu.

Hal ini bisa menjadi celah bagi Huawei, agar izin tersebut bisa kembali diperpanjang.

Sementara itu, saat ponsel lawas dan baru Huawei terancam tidak bisa menggunakan aplikasi Google di sistem operasi Android, Huawei sudah ancang-ancang menggulirkan HarmonyOS, sistem operasi yang dikembangkan Huawei untuk perangkatnya.

Software tersebut digadang menggantikan posisi Android untuk perangkat Huawei, kendati mereka beberapa kali mengelak akan hal tersebut. Baik Huawei maupun Google masih enggan memberikan komentar mengenai nasib smartphone Huawei.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/18/08010027/ponsel-lawas-huawei-terancam-tidak-dapat-update-android-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke