Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Aplikasi untuk Menyulap Ponsel Android Lawas Jadi Kamera CCTV

KOMPAS.com - Masih memiliki ponsel Android lama yang teronggok di sudut laci? Daripada tidak terpakai, mungkin ada baiknya pertimbangkan untuk mengubahnya menjadi kamera pengawas serupa Closed Circuit Television (CCTV).

Ponsel Android tua pun bisa dipakai untuk mengawasi keadaaan di sekitar rumah. Dibandingkan kamera CCTV konvensional, smartphone memiliki kelebihan dari segi fleksibilitas karena bisaa diletakkan di berbagai sudut rumah dengan mudah.

Nah, untuk menyulap ponsel Android lawas menjadi layaknya kamera CCTV, Anda bisa menggunakan sejumlah aplikasi. Berikut ini daftarnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ubergizmo, Sabtu (22/8/2020).

1. AtHome Camera

Ada juga serta fitur timelapse untuk melihat kembali rekaman yang terjadi selama 24 jam terakhir. AtHome Camera bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play Store.

2. Alfred

Kemudian, ada two-way talking untuk dapat mendengarkan suara rekaman video dan berbicara langsung secara real time, berikut "trust circle" di mana pengguna bisa memilih siapa saja yang dibolehkan mengakses kamera/ ponsel.

3. Aplikasi Manything

Aplikasi yang bisa didapatkan dari Google Play Store ini pun mendukung motion detection serta bisa mengendalikan kamera secara remote.

4. TrackView

Seperti Manything, TrackView juga menawarkan fitur perekaman CCTV ke cloud. TrackView adalah aplikasi multi fungsi yang bisa mengubah ponsel menjadi video monitor atau baby monitor.

Aplikasi ini pun memiliki sejumlah fitur di luar sekuriti, seperiti GPS tracker untuk melacak posisi ponsel apabila dibawa pergi, dan switch camera untuk memindahkan mode pengambilan gambar dari kamera depan ke kamera belakang.

Manything bisa diunduh dari Play Store lewat tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/22/19170077/daftar-aplikasi-untuk-menyulap-ponsel-android-lawas-jadi-kamera-cctv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke