Salin Artikel

Video Samsung Galaxy Note 20 Ultra Disayat Pisau dan Dibakar, Setangguh Apa ?

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Note 20 Ultra mengusung beberapa keunggulan spesifikasi dibandingkan dengan versi reguler khususnya dari peningkatan sektor layar.

Galaxy Note 20 Ultra pun menjadi perangkat pertama di dunia yang dibekali dengan kaca pelapis dan pelindung layar Gorilla Glass Victus yang diklaim lebih tangguh.

Bagaimana ketahanan kaca tersebut terhadap goresan? Untuk mengetahui jawabannya, YouTuber Zack Nelson di kanal JerryRigEverything menguji ketangguhan Galaxy Note 20 Ultra.

Zack "menyiksa" layar menggunakan beberapa benda tajam yang terbuat dari jenis logam berbeda.

Aneka logam yang dipakai untuk menggores layar Galaxy Note 20 Ultra memiliki tingkat kekerasan berbeda menurut skala Mohs Scale of Hardness, dari tingkat 2 hingga 7.

Di tahap awal, yakni uji gores layar dengan pisau, Galaxy Note 20 Ultra lolos kualifikasi. Layar berbentang 6,9 inci itu baru tergores saat menghadapi benda tajam dengan skala kekerasan 6 dan 7 (Mohs).

Zack juga mengkategorikan tiga jenis lapisan kaca berdasarkan level uji ketahanan layar Galaxy Note 20 Ultra terhadap goresan.

Lapisan layar dibagi dalam tiga kategori yaitu Plastic (Level 2,3,4), Glass (Level 5,6,7), dan Sapphire (Level 8 dan 9).

"Jika layarnya dilapisi dengan gorilla glass victus, harusnya layar akan mulai tergores pada level 8 atau 9," ujar Zack dalam videonya.

Sebagai informasi, Gorilla Glass Victus melapis bagian depan dan belakang Galaxy Note 20 Ultra.

Victus juga disebut dua kali lebih tahan terhadap goresan dibandingkan Gorilla Glass 6, serta empat kali lebih tangguh dibanding kaca berbahan aluminosilicate lain bikinan kompetitor.

Untuk pemakaian sehari-hari, lapisan proteksi layar ini dirancang untuk menahan benturan jika gadget jatuh dari ketinggian hingga 2 meter ke permukaan benda yang kasar dan tidak rata, misalnya seperti aspal.

KompasTekno juga sempat menguji ketahanan fisik dan layar Samsung Galaxy Note 20 Ultra
dengan melakukan uji jatuh alias drop test dari ketinggian kurang lebih satu meter.

Hasilnya, setelah jatuh ke permukaan beton yang rata, terlihat bahwa layar Galaxy Note 20 Ultra hanya mengalami sedikit kerusakan di bagian screen protector yang terpasang. Permukaan layarnya sendiri tetap utuh dan tidak pecah.

Berikutnya, Zack coba menggores sisi bingkai tempat terpatrinya tombol daya dan volume. Alhasil, dalam sekali goresan, tombol daya nampak terlepas dari modul yang tertanam di sisi kanan bodi ponsel.

Zack melanjutkan mengikir bagian sisi bawah ponsel, di mana port USB dan lubang speaker berjajar. Hasilnya tak jauh berbeda, mudah saja bingkai itu terkelupas saat dikerik dengan pisau.

Ketika Zack membakar layar depan dengan korek api, terlihat ada sedikit bekas berbentuk lingkaran kecil yang tidak hilang.

Tes selanjutnya, Zack coba membengkokkan ponsel dengan tangan. Hasilnya Galaxy Note 20 Ultra masih dalam kondisi normal alias tidak bengkok dan patah.

Untuk melihat video "penyiksaan" Galaxy Note 20 Ultra yang dilakukan oleh Zack Nelson dari JerryRigEverything, kunjungi tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/23/08030087/video-samsung-galaxy-note-20-ultra-disayat-pisau-dan-dibakar-setangguh-apa

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.