Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini 25 Tahun Lalu Windows 95 Meluncur, Ini Kecanggihannya Kala Itu

Lahirnya sistem operasi tersebut merupakan bukti nyata dari pesatnya perkembangan teknologi yang telah dibuat oleh dua pendiri Microsoft, yakni Bill Gates dan Paul Allen.

Windows 95 sendiri dapat dipasang pada komputer dengan spesifikasi minimum RAM 4 MB dan ruang hard disk sebesar 55 MB saja.

Kala itu, kehadiran Windows 95 memang banyak dinantikan oleh para pengguna. Lima pekan usai waktu peluncurannya, Microsoft berhasil memecahkan rekor penjualan terbanyak hingga 7 juta kopi software.

Pencapaian tersebut tidak terjadi tanpa suatu sebab. Microsoft diketahui telah mengeluarkan dana sebesar 300 juta dollar AS untuk biaya promosi, termasuk menggandeng bintang seri komedi Friends, yakni Jennifer Aniston and Matthew Perry dalam video tutorialnya.

Iklan Windows 95 yang ditampilkan melalui televisi pun diiringi dengan lagu Rolling Stones yang berjudul "Start Me Up". Secara spesifik, iklan tersebut mempromosikan fitur tombol Start, yang kala itu hadir secara perdana pada Windows 95.

Kehadiran tombol Start di OS Windows diklaim sangat praktis, karena dapat membantu pengguna dalam mencari aplikasi atau melakukan navigasi pada komputer.

Selain dari fitur ikonik tersebut, Windows 95 telah membawa banyak perubahan dibanding sistem operasi pendahulunya, yakni DOS dan Windows 3.1.

Windows 95 memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin memberikan nama yang panjang pada suatu folder atau file, hingga mencapai 250 karakter.

Padahal pada versi MS DOS, pemberian nama pada file dan folder tergolong terbatas, yakni hanya dapat memuat delapan karakter saja.

Kemudian ada pula fitur Plug and Play, yang cukup terkenal di masanya. Dengan fitur ini, pengguna Windows 95 dapat dengan mudah menambahkan perangkat hardware pada PC, tanpa harus menginput perintah command pada komputer.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/8/2020), kehadiran Windows 95 juga menjadi cikal bakal dari aplikasi Microsoft Network (MSN).

Aplikasi ini membawa beragam fitur untuk para pengguna Windows 95 yang ingin mengakses e-mail, grup obrolan, kolom berita, hingga mengakses laman internet melalui koneksi dial-up.

Bagi Microsoft, MSN dapat dikatakan sebagai ladang untuk menambah pundi-pundi uang tambahan. Sebab setiap bulannya, Microsoft mengenakan tarif biaya berlangganan bagi para pengguna MSN.

Apabila pengguna telah menggunakan layanan MSN selama lebih tiga jam setiap bulannya, maka Microsoft akan membebankan biaya tambahan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/08/25/10363327/hari-ini-25-tahun-lalu-windows-95-meluncur-ini-kecanggihannya-kala-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke