Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Secure DNS" Hadir di Chrome untuk Android, Ini Kegunaannya

KOMPAS.com - Di peramban (browser) Chrome 83 versi desktop (PC), Google memperkenalkan Secure DNS untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna saat berselancar di internet.

Kini, fitur tersebut hadir pula di browser Chrome versi Android. Hal itu disampaikan oleh pihak Google dalam sebuah blog, pekan ini.

"Dengan Chrome 85, kami menghadirkan fitur Secure DNS di Chrome untuk Android yang dirancang untuk meningkatkan keamanan dan privasi ketika mengakses situs internet," kata Chrome Product Manager, Kenji Bheux, dalam keterangan resmi.

Meski berbeda platform, sistem kerja Secure DNS di Chrome versi Android sendiri serupa dengan versi desktop, yakni menggunakan protokol internet DNS-over-HTPPS, atau biasa disingkat DoH.

DoH bakal meningkatkan sistem protokol keamanan reguler DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menerjemahkan nama domain internet menjadi alamat IP.

Secure DNS menerapkan DoH untuk melindungi komunikasi ke DNS dengan enkripsi, sehingga tidak bisa diendus oleh hacker atau aktor jahat lain.

Manfaatnya, trafik pengguna jadi tidak bisa dipantau atau dialihkan ke situs berbahaya. Privasi dan keamanan pun meningkat.

Secure DNS sendiri bisa diaktifkan di menu pengaturan Chrome. Ketika aktif dan didukung oleh layanan DNS yang digunakan, Chrome akan secara otomatis menerapkan protokol DoH untuk mengakses situs internet.  Ini juga berlaku untuk Android Private DNS (DNS-over-TLS) apabila terdapat di perangkat pengguna.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Jumat (4/9/2020), Secure DNS telah mulai disalurkan secara bertahap ke peramban Chrome 85 di Android. Aplikasinya bisa diunduh di Google Play Store lewat tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/04/12360037/-secure-dns-hadir-di-chrome-untuk-android-ini-kegunaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke