Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akurasi Google Maps di Wilayah Jakarta Naik 22 Persen

Peningkatan akurasi tersebut berkat kerja sama yang dijalin Google Maps dengan DeepMind. DeepMind adalah perusahaan pengembang kecerdasan buatan (AI) di bawah naungan Google.

Untuk memprediksi waktu tiba, Google Maps dan DeepMind menggunakan sejumlah data seperti informasi lalu lintas secara real-time, riwayat dan pola lalu lintas, batas kecepatan yang akan ditempuh, informasi konstruksi jalan, ukuran, dan arah jalan tertentu.

DeepMind menggunakan teknik pembelajaran mesin (machine learning) yang disebut sebagai graph neural networks. DeepMind mengatakan dengan teknik ini, Google Maps bisa mendapat gambaran bagaimana kondisi jalanan sesungguhnya.

"Teknik inilah yang memungkinkan Google Maps memprediksi dengan lebih baik apakah Anda akan terpengaruh oleh adanya perlambatan," ungkap Product Manager Google Maps, Johann Lau.

Nantinya sistem akan merekomendasikan pengguna untuk memilih kondisi jalanan yang beraspal agar mempercepat waktu sampai ke lokasi tujuan.

Selain itu, algoritma Google Maps juga akan mengalihkan pengguna untuk melewati jalan raya yang lebih panjang guna menghindari jalanan yang berkelok-kelok.

Menurut Johann, sejauh ini Google Maps berhasil memprediksi waktu tempuh dari 97 persen perjalanan secara akurat.

Selain Jakarta, akurasi prediksi waktu tiba juga meningkat untuk sejumlah wilayah di dunia seperti Singapura, Sidney, Sao Paulo, hingga Las Vegas. Angka peningkatan akurasi yang tertinggi berada di Kota Taichung, Taiwan, dengan peningkatan 51 persen.

Dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Selasa (8/9/2020), peningkatan ini juga dilakukan mengingat bahwa pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap kondisi arus lalu lintas di seluruh dunia.

"Kami melihat penurunan arus lalu lintas di seluruh dunia mencapai 50 persen saat aturan lockdown mulai diberlakukan pada awal tahun 2020," ujar Johann.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/08/12180047/akurasi-google-maps-di-wilayah-jakarta-naik-22-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke