Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan Pegawai Tuding Facebook Mengambil Untung dari Kebencian

KOMPAS.com - Seorang engineer perangkat lunak di Facebook, Ashok Chandwaney, pekan ini mengundurkan diri dari perusahaan media sosial tersebut. Dia menilai bahwa Facebook telah gagal menangani misinformasi yang beredar di jejaringnya.

Menurut Chandwaney, alih-alih memperlakukan konten berbau kebencian sebagai masalah substantif yang perlu ditangani, Facebook malah memandangnya sekadar problem public relation terhadap citra perusahaan.

"Saya berhenti karena sudah tidak tahan berkontribusi buat organisasi yang mengambil untung dari kebencian di AS dan secara global," tulis Chandwaney di dalam sebuah surat terbuka di Facebook yang menjelaskan alasannya mengundurkan diri.

Dia mencontohkan kejadian penembakan di Kenosha, Wisconsin, AS. Facebook tidak menghapus laman sebuah grup milisi yang mengajak warga untuk membawa senjata api ke  demonstrasi di jalanan. Padahal, sebelumnya sudah ada sejumlah komplain tentang laman itu.

Setelah dua orang tewas tertembak, barulah CEO Facebook Mark Zuckerberg mengakui bahwa pihaknya telah melakukan "kesalahan operasional" dengan tidak menghapus laman dimaksud. Zuckerberg pun dihujani kritik oleh para pegawainya sendiri.

Chandwaney juga menyebutkan bahwa Facebook pada Mei lalu tak mau menghapus posting dari Presiden AS Donald Trump yang berkata "Saat penjarahan dimulai, penembakan pun akan dimulai," terkait kerusuhan menyusul tewasnya pria kulit hitam George Floyd.

Menurut Chandwaney, Facebook tidak menunjukkan tanda-tanda akan menanggapi masalah di media sosialnya secara serius. Maka, dia merasa bahwa satu-satunya cara untuk mendorong perubahan adalah dengan berbicara secara publik.

Chandwaney bukan pegawai Facebook pertama yang menyuarakan protes terbuka. Pada Juni lalu, beberapa karyawan Facebook juga protes terhadap perusahaan yang mendiamkan posting Presiden Trump yang dianggap mengglorifikasi kekerasan.

Di sisi lain, juru bicara Facebook Liz Bourgeois membantah tudingan bahwa perusahaan itu "mengambil untung dari kebencian", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Washington Post, Kamis (10/9/2020).

Bourgeois mengatakan, Facebook membelanjakan dana miliaran dollar AS tiap tahun untuk menjaga keamanan komunitasnya, sekaligus bekerja sama dengan para ahli untuk meninjau dan memperbarui kebijakan perusahaan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/10/12150017/mantan-pegawai-tuding-facebook-mengambil-untung-dari-kebencian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke