Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Teks Panjang Bikin WhatsApp "Crash"? Begini Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna WhatsApp di Brasil mengeluh aplikasi mereka menjadi freeze alias macet, setelah menerima pesan.

Pesan teks yang membuat crash aplikasi WhatsApp di smartphone itu oleh akun pembocor WABetaInfo disebut sebagai "pesan menakutkan".

Istilah "pesan menakutkan" itu merujuk pada pesan dengan rangkaian kalimat panjang berupa angka dan karakter asing, sehingga menyebabkan sistem WhatsApp tidak bisa membaca struktur pesan, dan akhirnya mengalami indefinite crash.

Indefinite crash adalah crash berulang yang terjadi setiap kali pengguna membuka WhatsApp di ponsel. Aplikasi tidak bisa dibuka atau hang, tidak bisa dibuka atau digunakan secara normal.

"Pesan Menakutkan seperti ini sangat berbahaya dan dapat mengganggu kenyamanan pengguna WhatsApp," dikutip KompasTekno dari blog WABetaInfo, Kamis (10/9/2020).

Alih-alih berisi informasi kontak, korban bisa saja menerima vCard yang berisikan kode berbahaya.

Seorang pengguna WhatsApp di forum Reddit mengatakan aplikasi aplikasi WhatsApp Mods (aplikasi yang telah dimodifikasi secara tidak resmi) sudah memiliki proteksi terhadap pesan yang membuat WhatsApp crash ini, mereka menyebutnya dengan "Crashcode Protection".

Namun WhatsApp versi Mods tidak disarankan untuk dipakai pengguna awam, lantaran bukan resmi buatan WhatsApp, sehingga keamanannya tidak terjamin.

Sebagai langkah penanggulangan sementara, pengguna yang menerima pesan seperti itu disarankan memblokir kontak yang mengirim pesan melalui WhatsApp Web. Kemudian atur setting privasi grup menjadi "My Contact atau "My Contact Except...".

Setelah itu, hapus pesan panjang yang dimaksud dari aplikasi WhatsApp.

Apabila WhatsApp sedang tidak tersambung dengan browser web, maka satu-satunya cara untuk mengatasi crash WhatsApp adalah dengan meng-instal ulang aplikasi, yang bisa membuat pesan, foto-foto, dan file di dalamnya ikut hilang.

Untuk menghindari celah keamanan seperti ini, pengguna juga harus segera memperbarui aplikasi dan rutin mencadangkan obrolan WhatsApp minimal seminggu sekali.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/10/18420027/pesan-teks-panjang-bikin-whatsapp-crash-begini-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke