Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tombol "Sign In" Apple ID Dicabut dari Game Fortnite, Akun Pemain Terancam Hilang

Pemain bisa masuk dengan menggunakan akun Google, PlayStation Network, Nintendo, Xbox Live, Steam, hingga Apple ID, tanpa harus membuat akun Epic Games secara terpisah.

Namun, ada kabar tak menyenangkan bagi pemain Fortinte di perangkat iOS. Apple kini melarang Epic Games untuk menggunakan opsi login melalui Apple ID.

Kebijakan tersebut merupakan buntut dari perselisihan kedua perusahaan yang sampai saat ini terus berlanjut.

Menurut akun Twitter @FortniteStatus, opsi login menggunakan Apple ID tersebut akan dicabut setidaknya pada tanggal 11 September mendatang. Dengan demikian, pemain tidak akan bisa menemukan tombol "Sign In with Apple" lagi di game Fortnite.

Terlebih, mereka juga tidak bisa mengakses seluruh data yang tersimpan di layanan Epic Games, seperti data permainan, data pembelian (in-app purchase), dan lain sebagainya.

Cara agar akun tidak hilang

Jika Anda selama ini menggunakan layanan Epic Games lewat Apple ID, maka ada beberapa cara yang harus diikuti agar akun Anda tidak hilang.

Pertama-tama, masuk ke situs Epic Games lewat opsi "Sign In with Apple" dan kunjungi halaman pengaturan profil di tautan berikut.

Kemudian, di menu "General", perbarui alamat e-mail Anda dengan meng-klik ikon yang menyerupai pensil, tepat di bawah sub-judul "Account Info". Lalu, jika telah selesai memasukkan alamat e-mail, klik tombol "Confirm".

Selain alamat e-mail, pengguna juga perlu mengganti kata sandi (password) lama dengan yang baru.

Kata sandi bisa diganti dengan mengunjungi menu "Password & Security" di halaman pengaturan akun tadi. Lalu, masukkan password dan klik "Save Changes".

Lantas, bagaimana jika Anda terlambat dan opsi "Sign In with Apple" tadi sudah tidak ada dan Anda tidak bisa masuk?

Jangan khawatir, Anda masih bisa memulihkan akun Anda dengan cara meng-klik tombol "Contact Us" di tautan berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi EpicGames, Kamis (10/9/2020).

Kemudian, klik tombol "Login" dan isi data-data yang diperlukan, seperti alamat e-mail, berikut alasan pemulihan akun, di halaman berikutnya.

Setelah selesai, klik tombol "Submit" dan periksa kotak masuk e-mail Anda dan ikuti langkah-langkah yang tersedia untuk memulihkan akun.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/10/19320047/tombol-sign-in-apple-id-dicabut-dari-game-fortnite-akun-pemain-terancam-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke