Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Film "Cuties" Diminta Dihapus dari Netflix

Pengguna Twitter bahkan menggencarkan tagar #CancelNetflix untuk mengkritisi film yang disutradarai Maïmouna Doucouré ini.

Beberapa pengguna juga mempromosikan petisi agar Netflix menghapus film tersebut. Salah satu pengguna Twitter yang melempar kritikan adalah akun Robby Starbuck.

"Saya pernah melihat pelatih dan koordinator hewan benar-benar menolak adegan buruk yang melibatkan hewan sebagai aktor. Hewan lebih terlindungi di lokasi syuting ketimbang gadis kecil di Cuties. Tenggelamkan itu (Cuties)," tulis Robby.

Keresahan serupa juga diungkap pengguna lain dengan username @ThegislJT.

"Ya Tuhan, tolong hapus Cuties, saya panik ketika melihat klip tentang apa yang gadis-gadis kecil itu lakukan," tulisnya.

Netflix sendiri telah memberikan tanggapan atas kritik untuk film Cuties.

"Film ini merupakan komentar atas efek negatif jika gadis praremaja dipandang sebagai objek seksual di media dan sosial media," jelas juru bicara Netflix melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Jumat (11/9/2020).

Pihak Netflix juga mengatakan bahwa film kategori yang masuk dalam kategori feature ini telah memenangkan beberapa penghargaan di festival film, salah satunya adalah festival Sundance 2020.

"Wawancara dengan sutradaranya dapat menjelaskan motivasinya dalam membuat film ini," imbuh juru bicara Netflix.

Wawancara berjudul "Why I Made Cuties" bisa dilihat langsung di Netflix di bagian "Trailers & More".

Sang Sutradara, Doucouré, mengatakan salah satu yang menjadi alasannya untuk membuat film ini adalah karena semakin banyak wanita yang menjadi obyek seksual di media sosial. Semakin mereka disorot, mereka semakin "sukses".

"Dan anak-anak coba meniru apa yang mereka lihat, mencoba mendapatkan hasil yang sama tanpa memahaminya, dan ya, itu berbahaya," jelasnya.

Sinposis

Cuties menceritakan karakter utama bernama Amy yang diperankan oleh Fathia Youssouf, gadis berusia 11 tahun asal Senegal yang pindah ke daerah miskin di pinggiran Kota Paris.

Amy diceritakan hidup di keluarga yang konservatif, di mana dia dituntut untuk menjadi anak yang sederhana dan patuh.

Di sekolah, Amy berteman dengan sekelompok gadis yang membentuk grup tari untuk mendapatkan popularitas di media sosial.

Tarian mereka bergaya bebas dan cenderung sensual. Hal ini lah yang mengundan kritik penonton hingga meminta Netflix untuk menghapusnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/11/13561067/film-cuties-diminta-dihapus-dari-netflix

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke