Salin Artikel

Resmi, Ini Harga dan Jadwal Kehadiran PlayStation 5

Update: Sony mengumumkan konsol PlayStation 5 mulai dijual di Indonesia pada 22 Januari 2021. sesi pre-order dibuka 18 Desember 2020. Detail di sini.

KOMPAS.com - Setelah didului berbagai rumor, Sony akhirnya mengumumkan harga dan tanggal peluncuran konsol game generasi terbarunya, PlayStation 5 (PS5).

Informasi tersebut diumbar oleh Sony di penghujung acara bertajuk "PlayStation 5 Showcase" yang digelar secara virtual, Kamis (17/9/2020) dinihari.

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, PS5 bakal hadir dalam dua model, yakni versi Standard Edition dan Digital Edition.

Menariknya, PS5 Standard Edition, yang dibekali dengan laci (slot drive) cakram (disc) Blu-ray fisik, dibanderol dengan harga 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,3 juta, sama persis dengan harga Xbox Series X besutan Microsoft.

Harga ini masih lebih tinggi dibanding Xbox Series S yang dibanderol dengan harga 299 dolar AS atau sekitar Rp 4,4 juta.

Kedua model PS5 tersebut bakal diluncurkan bersamaan pada 12 November mendatang di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, hanya berselisih dua hari setelah peluncuran Xbox Series X dan Series S.

Seminggu kemudian, tepatnya 19 November, konsol game tersebut bakal diluncurkan secara serentak di seluruh dunia.

Sony tak mengumbar tanggal pemesanan (pre-order) konsol game teranyar besutannya ini di acara tersebut.

Namun, dalam sebuah unggahan di Twitter, perusahaan asal Jepang tersebut mengungkap bahwa peminat sudah bisa memesan PS5 mulai besok, atau 17 September waktu AS, di "toko-toko ritel tertentu" rekanan Sony.

Dapur pacu PS5 mengandalkan 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz, lebih tinggi dibanding PS4 sebelumnya yang ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz. Kapasitas RAM PS5 juga dua kali lebih besar dibanding PS4, yakni 16 GB.

Kemampuan olah grafis PS5 mendapat peningkatan besar dengan GPU AMD yang memiliki 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops (TFLOPs), jauh meningkat dari GPU PS4 dengan 18 CUs dan daya komputasi 1,84 TFLOPs.

Media penyimpanan PS5 pun kini sudah beralih menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4. Walhasil, waktu loading game bisa dipersingkat.

Adapun SSD PS5 berkapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/17/06303997/resmi-ini-harga-dan-jadwal-kehadiran-playstation-5

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.