Salin Artikel

Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S

KOMPAS.com - Sony akhirnya meluncurkan konsol game PlayStation 5 (PS5) dalam sebuah acara yang digelar online, Kamis (17/9/2020) dinihari.

Dalam acara tersebut, Sony mengumumkan ketersediaan serta harga PlayStation 5. Pengumuman ini digelar kurang lebih satu minggu setelah Microsoft mengumumkan harga dan ketersediaan Xbox Series X dan Series S.

Dengan begitu, kini informasi seputar konsol game generasi terbaru, alias next-gen, besutan Microsoft dan Sony sudah benar-benar terkonfirmasi, baik itu dari aspek desain, spesifikasi, maupun harga dan ketersediaan. Lantas, apa saja perbedaannya?

Desain

Dari luar, PS5 yang tampil elegan dengan perpaduan warna putih dan hitam, baik itu versi standar maupun digital, tampak lebih ramping dibanding Xbox Series X yang mengusung desain "gemuk" menyerupai balok.

Meski demikian, dua model PS5, berikut Xbox Series X, terlihat kalah ringkas dengan Xbox Series S yang ukurannya disebut 60 persen lebih kecil dari "saudaranya". Model ini juga tampil dengan warna putih, alih-alih hitam pekat seperti Xbox Series X.

Di atas kertas, apabila didirikan secara vertikal menghadap ke depan, PS5 versi standar memiliki tinggi 39 cm, lebar 10,4 cm, dan panjang 26 cm.

Karena tidak ada laci (slot drive) untuk memasukkan cakram (disc), lebar versi digital sendiri sedikit lebih kecil, yakni hanya 9,2 cm

Sementara itu, Xbox Series X lebih pendek dibanding PS5, dengan tinggi 30,1 cm, berikut lebar 15,1 cm, dan panjang 15,1 cm.

Di samping ukuran, bobot PS5 dan Xbox Series X juga nyaris identik. Bobot PS5 versi standar tercatat di angka 4,5 kg, sedangkan Xbox Series X memiliki berat 4,45 kg. Sementara itu, PS5 versi digital sedikit lebih enteng dengan bobot 3,9 kg.

Adapun dimensi ukuran dan bobot pasti Xbox Series S hingga saat ini masih misterius. Mungkin saja bobotnya jauh lebih enteng karena ukurannya memang lebih ringkas dibanding "saudaranya" atau kompetitornya.

Performa

Dilihat dari sektor performa, Xbox Series X sedikit lebih mumpuni dibanding PS5, baik itu versi standar maupun digital yang keduanya memiliki spesifikasi identik.

Jenis prosesor (CPU) yang membekali PS5 dan Xbox Series X sebenarnya sama, yakni CPU Custom AMD berdelapan inti (8-core) dengan arsitektur Zen 2.

Namun, kecepatan, alias clock speed Xbox Series X sedikit lebih tinggi dengan angka 3,8 GHz (Simultaneous Multithreading/SMT mencapai 3,6 GHz).

Kecepatan PS5 sendiri mentok di angka 3,5 GHz, sedikit lebih rendah dibanding Xbox Series S dengan kecepatan 3,6 GHz (SMT mencapai 3,4 GHz).

Tak hanya CPU, kemampuan sektor pengolah grafis (GPU) di kedua konsol besutan Sony dan Microsoft ini juga turut berbeda.

Sebenarnya, GPU yang dipakai lagi-lagi berjenis sama, yakni Custom AMD dengan arsitektur RDNA2, namun kekuatannya tidak sama.

Di atas kertas, GPU PS5 memiliki compute units (CUs) sebanyak 36 unit (@2,23 GHz), dengan kekuatan mencapai 10,28 teraflops (TFLOPs), lebih tinggi dibanding Xbox Series X dengna 20 CUs (@1,565 GHz) dan 4 TFLOPs.

Sedangkan, GPU Xbox Seris X lebih mumpuni dibanding "saudaranya" atau PS5, yakni dengan 52 CUs (@1,825 GHz) dan 12,15 TFLOPs.

Beralih ke sektor memori, PS5 dan Xbox Series X dibekali dengan RAM GDDR6 berkapasitas 16 GB, sedangkan Xbox Series X "hanya" memiliki RAM GDDR6 10 GB.

Media penyimpanan (storage) Xbox Series X sendiri, dengan kapasitas 1 TB, lebih lega dibanding PS5 dan Series X yang memiliki SSD 825 GB dan 512 GB. 

Uniknya, Xbox Series X dan Series S mampu menjalankan game dengan frame rate hingga 120 fps di resolusi 4K (Series X) dan 1440p (Series S). Sedangkan, resolusi yang didukung PS5 hanya mentok di 4K.

Harga dan ketersediaan

PS5 hadir dalam dua model, yakni versi standar dengan laci cakram dan digital (Digital Edition) tanpa laci cakram. Begitu pula dengan konsol game besutan Microsoft, di mana Xbox Series X hadir dengan laci cakram dan Series S tidak.

PS5 edisi reguler dibanderol dengan harga yang sama persis dengan Xbox Series X, yakni 499 dollar AS atau sekitar Rp 7,3 juta.

Sementara itu, PS5 Digital Edition dijual dengan harga yang lebih murah dibanding versi reguler, yakni 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,9 juta.

Sedangkan PS5 versi reguler dan digital bakal meluncur 12 November mendatang di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, hanya berselisih dua hari setelah peluncuran Xbox Series X dan Series S.

Seminggu kemudian, tepatnya 19 November, konsol game tersebut bakal diluncurkan secara serentak di seluruh dunia. PS5 sendiri bisa dipesan mulai minggu ini di beberapa negara lewat "toko-toko ritel tertentu" rekanan Sony.

Sembari menunggu, simak perbandingan spesifikasi lengkap PS5 versi standar, digital, Xbox Series X, dan Series S di tabel berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (17/9/2020).

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/17/20330087/perbandingan-spesifikasi-dan-harga-ps5-xbox-series-x-dan-xbox-series-s

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.