Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sempat Diam-diam Hilang, Instagram Lite Kembali Dirilis

Aplikasi Instagram Lite terbaru versi APK kembali digelontorkan, namun, bukan melalui toko aplikasi resmi Google Play Store.

Pada 9 September lalu file APK Instagram Lite v215 muncul di situs APK Mirror. Kemudian pembaruannya yakni v216 menyusul pada 16 September.

Salah satu file disebut diketahui diunggah dari wilayah Brasil, sementara file lainnya diunggah dari Amerika Serikat atau dari negara lain.

Jika dilihat, angka versi pembaruan aplikasinya sudah cukup jauh dari yang pernah muncul pada 24 Oktober 2019 lalu.

Saat itu, Instagram Lite yang tersedia adalah versi v67. Kendati demikian, secara kesuluruhan pengalaman aplikasinya masih sama seperti sebelumnya.

Ukuran file aplikasi masih jauh lebh kecil dibanding aplikasi Instagram reguler. Sebagai perbandingan, saat diluncurkan, Instagram Lite berukuran di bawah 2 MB, sementara aplikasi Instagram reguler berukuran 32 Mb.

Karena lebih ringan, beberapa fitur Instagram reguler tidak hadir di versi Lite. Salah satu fitur yang absen adalah Instagram Stories.

Namun, fitur pokok seperti feed, direct message, unggah kiriman, notifikasi, bookmark, dan eksplore masih tetap ada.

Konten yang diunggah berupa video juga bisa dilihat dan akan terputar otomatis secara default. Cuplikan IGTV juga tetap muncul di feed dan bisa ditonton selengkapnya dengan mengetuk ikon IGTV di sisi bawah video, sama seperti Instagram reguler.

Perwakilan Facebook mengamini bahwa mereka sedang menguji coba Instagram Lite yang disebut akan memberikan pengalaman tinggi bagi pengguna meski perangkat dan jaringan internet yang digunakan tidak optimal.

Dirangkum KompasTekno dari Android Police, Jumat (18/9/2020), sejak dirilis 2018 lalu, aplikasi ini hanya diluncurkan untuk beberapa negara saja, yakni wilayah Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Amerika Latin, yang notabene adalah negara-negara berkembang.

Dipilihnya negara-negara tersebut tidak lain karena banyaknya adopsi perangkat menengah ke bawah dan jaringan internet yang belum secepat negara maju.

Meskipun tidak tersedia di semua negara operasionalnya, Instagram Lite tetap populer di beberapa negara.

Sebelum menghilang pada bulan Mei lalu, Instagram Lite masuk 20 aplikasi teratas yang paling banyak diunduh di Google Play Store di wilayah Meksiko, Peru, dan Filipina. Bahkan di Kenya, aplikasi ini masuk 10 besar dan menempati urutan kedelapan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/18/08050017/sempat-diam-diam-hilang-instagram-lite-kembali-dirilis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke