Salin Artikel

3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer

Namun, sebelum menginstal aplikasi baru, pengguna lebih baik mengetahui spesifikasi laptopnya terlebih dahulu untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan konfigurasi dan spesifikasi laptop, agar aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Untuk menemukannya, pengguna bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk menemukan spesifikasi laptop dengan sistem operasi Windows 10, sebagaimana dirangkum Kompastekno dari Business Insider, Sabtu (19/9/2020).

1. Melalui menu pengaturan

Spesifikasi hardware laptop biasanya sangat mudah ditemukan di menu pengaturan laptop. Di dalam menu ini, pengguna bisa menemukan informasi hardware seperti prosesor, memori, dan sistem operasi yang sedang digunakan.

Pertama, pengguna bisa membuka menu pengaturan, klik opsi System, dan klik opsi About. Di dalam menu ini, pengguna bisa melihat spesifikasi hardware yang dimiliki laptop dan spesfikasi Windows.

Spesifikasi tersebut seperti Edisi windows, Versi OS, kapan OS diinstal, dan OS Build.

2. Melalui menu sistem informasi

Sistem informasi di sebuah laptop biasanya menghadirkan banyak informasi yang lengkap tentang spesifikasi laptop.

Pengguna bisa membuka menu start, kemudian tulis System Information pada kolom pencarian dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi ini.

Setelah jendela sistem informasi terbuka, pilihlah opsi System Summary di bar bagian kiri jendela.

Nantinya, bar di sisi kanan akan memunculkan daftar spesifikasi komputer, seperti System model, system type, processor, detail UEFI (or legacy BIOS), termasuk tanggal dan mode pembaruan firmware hingga memori yang terpasang.

Pengguna juga bisa membuka menu Display dengan cara mengklik opsi Component. Di dalam menu ini, pengguna akan menemukan informasi seputar teknis informasi dan graphics card.

Jika pengguna membutuhkan informasi detail tertentu, pengguna bisa memanfaatkan kolom pencarian di bagian bawah halaman untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

3. Menggunakan PowerShell

Pengguna juga bisa menggunakan bahasa pemograman PowerShell untuk menemukan spesifikasi laptop WIndows 10, dengan langkah-langkah di bawah ini.

Untuk mengawalinya, pengguna bisa memulainya dari menu Start, kemudian tulis kata PowerShell dalam kolom pencarian dan pilih hasil pencarian teratas, dan pilih opsi "Run as administrator"

Kemudian ketik perintah "Get-ComputerInfo" untuk menentukan spesifikasi komputer dan tekan enter. Tetapi apabila ingin lebih spesifik, pengguna bisa mengetik perintah "Get-ComputerInfo -Property "PROPERTY-NAME" dan tekan enter.

Misalnya, pengguna ingin menampilkan semua yang terkait dengan informasi BIOS, maka pengguna bisa menggunakan perintah "Get-ComputerInfo -Property "bios*"

Pengguna bisa menambahkan tanda bintang di akhir perintah sebagai karakter pengganti untuk mencocokkan setiap properti terkait BIOS.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, perintah PowerShell akan menampilkan daftar lengkap informasi OS dan perangkat keras.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/19/19130027/3-cara-mudah-melihat-spesifikasi-laptop-dan-komputer

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.