Salin Artikel

Cara Main Game "Among Us" dengan Teman, Offline dan Online

Berkat beberapa gamer di Youtube, forum Reddit, media sosial, dan beberapa kanal lainnya, popularitas game yang dirilis 2018 itu terus meroket, terlebih di tengah pandemi dan ketersediaannya di smartphone yang bisa diunduh secara cuma-cuma.

Selain bisa dimainkan secara online bersama pengguna lainnya, game ini ternyata bisa dimainkan bersama teman Anda secara offline (Local Area Network/LAN) atau tanpa koneksi internet.

Meski demikian, seluruh pemain, termasuk Anda, harus berada dalam satu jaringan hotspot atau WiFi yang sama. Lantas, bagaimana cara memainkan game ini beramai-ramai dengan kerabat Anda? Yuk, simak caranya berikut!

Main secara lokal lewat jaringan WiFi

Untuk bermain secara LAN, Buka game Among Us dan langsung pilih menu "Local" di tampilan utama. Kemudian, masukkan nama Anda di kolom teratas dan klik tombol "Create Game".

Setelah itu, pemain akan dipindahkan ke dalam semacam ruangan tunggu (waiting room).

Di sini, sang pembuat ruangan (host) bisa meng-klik ikon "Customize" untuk mempercantik karakter dengan warna favorit, topi, binatang peliharaan (pet), peta, dan berbagai aturan di dalam game.

Bagi teman Anda yang ingin masuk ke ruangan yang telah Anda buat, mereka cukup masuk ke game Among Us, pilih menu "Local", dan klik ruangan yang terdaftar di dalam kolom "Available Games".

Perlu dicatat, pastikan kembali Anda dan kerabat Anda menggunakan jaringan hotspot/WiFi yang sama. Kalau tidak, maka teman Anda tidak bisa menemukan ruangan yang telah dibuat tadi.

Main sama teman via internet

Kalau Anda dan teman Anda tidak bisa berkumpul dalam satu jaringan WiFi, mungkin karena larangan di masa pandemi, jangan khawatir. Sebab, Among Us juga bisa dimainkan secara jarak jauh alias online dengan kerabat Anda.

Caranya cukup mudah, pertama-tama, masuk ke game Among Us dan klik menu "Online". Lalu, pilih server yang Anda inginkan, bisa Asia, Amerika Utara, atau Eropa.

Ada baiknya untuk bermain di server Asia. Pasalnya, semakin jauh server dengan tempat tinggal kita, maka koneksi internet kemungkinan besar akan terganggu/semakin lambat pula.

Setelah memilih server, klik tombol "Create Game". Di tampilan berikutnya, pilih salah satu dari tiga tempat (map) yang tersedia, berikut jumlah impostor, pengaturan chat, dan jumlah pemain. Lalu, klik tombol "Confirm".

Sama seperti offline, Anda lantas akan dipindahkan ke tampilan waiting room. Di sini, pastikan ruangan mencantumkan mode ruangan "Private" bukan "Public". Ilustrasi ruangan "Private" bisa disimak di gambar berikut.

Kemudian, bagikan enam karakter unik yang yang tercantum di bawah teks "Code" kepada kerabat Anda. Deretan kode tersebut ada di bagian bawah tampilan layar tepat di bawah tombol "Start", sebagaimana tampak pada gambar di atas.

Bagi kerabat Anda yang ingin berpartisipasi, mereka cukup masuk ke game Among Us, klik menu "Online", dan klik masukkan kode berupa enam karakter yang dibagikan sebelumnya di kolom "Private".

Terakhir, klik ikon tanda panah di sebelah kanan kolom kode. Apabila berhasil, kerabat Anda lantas akan dipindahkan ke ruangan tunggu yang sudah Anda buat.

Perlu dicatat, pastikan server yang kerabat Anda pilih sama dengan server ruangan yang telah dibuat. Jika tidak, teman Anda tidak akan bisa menemukan ruangan tersebut, meski kodenya benar.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/22/20450087/cara-main-game-among-us-dengan-teman-offline-dan-online

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.