Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IKEA Jepang Bikin Katalog dengan "Model Palsu"

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat perabotan IKEA di Jepang baru-baru ini menggunakan Computer-Generated Imagery (CGI) untuk memajang model peraga di katalog terbarunya.

Sebelumnya, IKEA telah menggunakan bantuan CGI dalam membuat katalog, namun baru sebatas produk barang. Ya, foto-foto perabotan di katalog IKEA bukan benda asli yang ditata kemudian difoto, melainkan foto digital yang disusun menggunakan CGI.

Kini, IKEA menambahkan "model palsu" di katalognya, dengan menggunakan teknologi CGI. Bukan hanya foto model manusia yang diam, melainkan juga bergerak. Untuk proyek ini, IKEA menggandeng influencer Jepang bernama Imma, yang memiliki 263.000-an pengikut.

Model influencer berambut pink ini tampak melakukan kegiatan layaknya seorang wanita yang enjoy tinggal di apartemen, yang dikelilingi perabotan IKEA.

IKEA sebenarnya menggunakan badan manusia sungguhan, namun bukan Imma. Peran pengganti dipakai untuk memerankan badan Imma, sementara kepala 3D Imma "ditempel" di badan tersebut menggunakan bantuan CGI.

Imma nampak memasak, bersih-bersih, maskeran, memakai kuteks, berolahraga, bermain dengan anjingnya Einstein, dan selfi di Instagram. 

Anda bisa menonton video streaming tersebut di tautan berikut ini.

Dikutip KompasTekno dari Petapixel, Kamis (24/9/2020), proyek ini menjadi langkah transisi IKEA menuju pembuatan katalog yang sepenuhnya menggunakan CGI.

Tampaknya, konsep menggunakan model CGI ini akan menjadi salah satu strategi perusahaan-perusahaan di masa mendatang.

Lantas, apakah penggunaan model CGI ini bakal menjadi standar baru dalam hal fotografi produk di masa depan? Mungkin kah penggunaan model CGI bakal jadi tren? bisa jadi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/24/11530047/ikea-jepang-bikin-katalog-dengan-model-palsu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke