Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hal-hal yang Perlu Diketahui soal Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud

Kemendikbud bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) menyalurkan bantuan ini secara bertahap.

Kuota data internet gratis ini akan disalurkan selama empat bulan kedepan yang terhitung mulai dari September hingga Desember 2020.

Jadwal Pembagian Kuota

Pembagian kuota sudah dimulai sejak 22 September. Setiap bulannya, pembagian kuota akan dibagi menjadi dua tahap.

Untuk bulan September, pembagian tahap I akan dilakukan pada 22-24 September 2020 dan tahap II akan dilakukan pada 28-30 September 2020.

Pada bulan Oktober, tahap I akan dilakukan pada 22-24 Oktober 2020 dan tahap II pada tanggal 28-30 Oktober.

Sementara, pembagian kuota bulan November dan Desember akan dilakukan bersamaan pada kedua tahap. Tahap I pada 22-24 November dan tahap kedua pada 28-30 November.

Dua jenis bantuan kuota

Merujuk pada Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, Kemendikbud memberikan 2 jenis kuota data internet, yaitu kuota umum dan belajar.

Tujuan membedakan kuota menjadi 2 jenis ini adalah untuk mengantisipasi penyalahgunaan kuota data. Proporsi kuota umum pun lebih sedikit bila dibandingkan dengan kuota belajar.

Kuota umum adalah kuota yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs apa pun di luar penunjang belajar online. Sementara kuota belajar adalah kuota yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi serta situs belajar online yang terdaftar di Kemendikbud.

Daftar aplikasi yang bisa diakses dengan kuota belajar

Sejumlah aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota belajar secara gratis mencakup layanan video conference seperti Cisco Webex, Google Meet, Microsoft Teams, U Meet Me, dan Zoom.

Aplikasi lainnya adalah layanan pembelajaran online seperti Kipin Shool 4.0, Microsoft Education, Quipper, Ruangguru, Rumah Belajar, Sekolah.mu, Udemy, Zenius, Google Classroom, Edmodo, Aiminin, Ayoblajar, Bahaso, Birru, Cakap, Duolingo, Eduka System, Ganeca Digital, dan WhatsApp.

Selain itu, kuota belajar juga dapat digunakan untuk mengakses 401 situs perguruan tinggi di Indonesia. Daftar lengkap situs yang bisa diakses menggunakan kuota belajar ini bisa dilihat melalui tautan berikut. 

Rincian kuota yang diperoleh

Besaran kuota yang dibagikan berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Berikut ini adalah rincian kuota data yang diperoleh:

1. Peserta didik PAUD (siswa)
Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 15 GB
Total kuota: 20 GB per bulan

2. Peserta didik pendidikan dasar dan menengah (siswa)
Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 30 GB
Total kuota: 35 GB per bulan

3. Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah (guru)
Kuota umum: 5GB
Kuota belajar: 37 GB
Total kuota: 42 GB per bulan

4. Mahasiswa dan dosen
Kuota umum: 5 GB
Kuota belajar: 45 GB
Total kuota: 50 GB

Namun perlu dicatat, untuk memperoleh subsidi kuota internet gratis, baik pelajar maupun mahasiswa harus mendaftarkan nomor telepon terlebih dulu di Dapodik.

Pelajar atau mahasiswa dapat menghubungi pihak sekolah atau kampus untuk mendaftarkannya.

Cara mengecek kuota

Apabila sudah terdaftar, subsidi kuota internet gratis bisa dicek melalui cara berikut:

1. Telkomsel

Bagi siswa atau mahasiswa pengguna Simpati, kartu AS, Loop, dan By.U yang sudah terdaftar di Dapodik, pengecekan bantuan kuota data internet dapat diakses melalui menu dial *888# dan aplikasi MyTelkomsel.

Apabila sudah menerima, mereka nantinya akan mendapatkan SMS pemberitahuan yang dikirim oleh pengirim Telkomsel.

2. Tri

Untuk pelanggan Tri, mereka bisa mengecek kuota belajar dari pemerintah melalui nomor USSD *123*10*3#. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima+ yang nantinya akan muncul informasi di kolom opsi "kuota aplikasi dan edukasi".

3. XL Axiata dan Axis

Bagi pengguna XL Axiata dan Axis, pengecekan kuota belajar dari Kemendikbud dapat diakses melalui menu dial *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota, dan pilih paket Terus Belajar. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi myXL dan AxisNet.

4. Indosat Ooredoo

Untuk pelajar, mahasiswa, atau pendidik yang menggunakan Indosat Ooredoo dapat mengecek subsidi kuota belajar melalui aplikasi myIM3 atau nomor USSD *123*075# kemudian pilih nomor 1.

Tarif dan pola kerja sama telah diatur melalui kebijakan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sedangkan proses penyaluran, penentuan pihak yang berhak menerima serta hal teknis lainnya, dilaksanakan sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jendral No.14/2020 mengenai Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/24/13000097/hal-hal-yang-perlu-diketahui-soal-kuota-internet-gratis-dari-kemendikbud

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke