Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G Resmi Meluncur, Harganya?

KOMPAS.com - Setelah didului beragam rumor, Google akhirnya resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya, Pixel 5.

Berbeda dengan sebelumnya, suksesor Pixel 4 tersebut kini diluncurkan dalam sebuah acara virtual bertajuk "Launch Night In" yang ditayangkan secara langsung di YouTube, Kamis (1/10/2020), dinihari tadi.

Sejalan dengan rumor yang telah menyeruak, Pixel 5 kini dibekali dengan sejumlah peningkatan dibanding generasi sebelumnya, salah satunya dari segi konektivitas yang sudah mendukung jaringan 5G.

Meski demikian, alih-alih chipset kelas atas seperti Snapdragon 865/865 Plus, Google "hanya" mengandalkan System-on-Chip (SoC) kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 765G sebagai "otak" dari ponsel teranyarnya ini.

SoC tersebut lantas dipadankan dengan kapasitas RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

Selain dukungan jaringan, aspek fotografi juga masih ditonjolkan oleh Google di Pixel 5. Sama seperti Pixel 4, bagian punggung ponsel terbaru Google ini sebenarnya masih dibekali dengan kamera ganda yang ditampung dalam sebuah modul persegi.

Namun, kamera sekunder di Pixel 5 kini berfungsi sebagai kamera ultrawide (bukan telefoto) dengan resolusi 16 megapiksel.

Kamera utama Google Pixel 5 memiliki spesifikasi yang sama seperti generasi sebelumnya, dengan resolusi 12 MP dan dibekali dengan fitur penstabil gambar OIS.

Kedua kamera belakang Pixel 5 mendukung sejumlah fitur fotografi khas Google, seperti Night Sight untuk mode pemotretan ekstrim di kondisi minim cahaya, Live HDR+, Cinematic Pan, hingga Portrait Light.

Beralih ke sisi depan, ponsel ini memiliki layar bermateri OLED dengan diagonal 6 inci dan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Bezel tebal di bagian atas, yang bisa dibilang menjadi ikon dari seri "flagship" Pixel, kini dihilangkan dan dibuat menjadi setipis mungkin.

Sebagai gantinya, Google mengandalkan desain lubang kamera (punch hole) di sebelah kiri atas layar Pixel 5 untuk menampung kamera selfie 8 megapiksel.

Fitur penunjang lainnya mencakup modul fingerprint konvensional (berbentuk elips) yang terletak di cangkang ponsel, baterai 4.080 mAh (fast charging 18 watt), tingkat ketahanan air dan debu IP68, dan chip keamanan Titan M.

Ponsel yang juga mendukung fitur wireless charging dan reverse charging (USB Power Delivery 2.0) ini hadir dalam varian warna Just Black dan Sorta Sage.

Harga Google Pixel 5 dipatok di angka 699 dolar AS atau sekitar Rp 10,3 juta, lebih murah dibanding harga Pixel 4 saat peluncuran, yang kala itu harga termurahnya adalah 799 dolar AS atau sekitar Rp 11,8 juta.

Pixel 4a 5G

Selain Pixel 5, Google juga menghadirkan varian lain Pixel 4a, yang kini hadir dengan embel-embel "5G".

Bukan hanya menghadirkan konektivitas 5G saja, Pixel 4a varian teranyar ini juga hadir dengan sejumlah peningkatan spesifikasi dibanding varian pertama yang dirilis Agustus lalu.

Dari segi display, misalnya, Pixel 4a 5G memiliki layar lebih luas dengan diagonal 6,2 inci (awalnya 5,8 inci), dengan resolusi Full HD Plus.

Ponsel ini juga sudah ditenagai chip Snapdragon 765G (alih-alih Snapdragon 730G), sama seperti Pixel 5, namun dengan kapasitas RAM dan storage yang sama persis dengan Pixel 4a model pertama, yakni 6 GB dan 128 GB.

Baterainya juga lebih besar dan kini hadir dengan kapasitas 3.885 mAh, meningkat dari 3.140 mAh di Pixel 4a model pertama.

Selain perfoma, aspek fotografi juga turut ditingkatkan. Bagian belakang ponsel tersebut kini terdapat satu kamera beresolusi 16 MP yang memiliki fungsi ultrawide, sebagai tambahan dari kamera utama 12 MP yang sebelumnya sudah tersedia.

Bagian depan Pixel 4a 5G mengusung kamera selfie 8 MP yang ditampung dalam modul punch hole di bagian kiri atas.

Pixel 4a 5G hadir dalam satu varian warna, yakni Just Black, dan dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding Pixel 4a "reguler", yakni 499 dollar AS atau sekitar Rp 7,4 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (1/10/2020).

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/01/07071867/google-pixel-5-dan-pixel-4a-5g-resmi-meluncur-harganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke