Salin Artikel

Daftar Ponsel Baru yang Meluncur di Indonesia September 2020

Berbagai smartphone dari beragam segmen, mulai dari entry-level, mid, flagship, hingga gaming digelontorkan di bulan yang sama.

Beberapa di antaranya bahkan dibekali dengan sejumlah peningkatan, mulai dari chipset termutakhir, kamera beresolusi tinggi, hingga baterai berkapasitas jumbo.

Selengkapnya, berikut adalah daftar smartphone-smartphone anyar yang masuk Indonesia sepanjang September 2020.

1. Redmi 9C

Di awal September 2020, Xiaomi resmi menghadirkan satu buah smartphone terbarunya yakni Redmi 9C. Smartphone kelas entry-level ini memiliki fitur unggulan berupa baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Dengan kapasitas tersebut, Redmi 9C diklaim dapat bertahan 10 jam ketika digunakan untuk bermain game, 32 jam saat menelpon dan 167 jam mendengarkan musik.

Di sektor fotografi, smartphone ini mengusung tiga buah kamera yang disusun dalam sebuah modul berbentuk persegi. Ketiga kamera itu terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Sementara di sisi depan, satu buah kamera selfie 5 MP yang tertanam pada lubang punch hole berbentuk seperti tetesan air.

Dirancang untuk menyasar kalangan muda, Redmi 9C turut dibekali dengan System-on-Chip (SoC) khusus gaming Helio G35. SoC tersebut turut dipadu dengan kombinasi RAM dan penyimpanan masing-masing 3 GB/32 GB serta 4 GB/64 GB.

2. Galaxy S20 FE

Setelah sempat meluncurkan Galaxy S20 Series di awal tahun 2020, Samsung kini memboyong Galaxy S20 FE ke Indonesia. Meski memiliki banderol harga yang jauh lebih murah, namun Galaxy S20 FE memiliki sektor kamera yang mumpuni.

Bahkan smartphone ini memiliki kamera depan beresolusi 32 MP, lebih tinggi dari kamera depan Galaxy S20 yang sebesar 10 MP. Kemudian di bagian punggung, tersemat tiga kamera yang terdiri dari kamera ultra wide-12 MP, kamera wide 12 MP dual pixel AF, dan telefoto 8 MP.

Kamera tersebut turut didukung fitur Space Zoom dengan kemampuan 3x perbesaran optis dan 30x Super resolution zoom.

Dari sektor hardware, Galaxy S20 FE ditenagai chipset Exynos 990 dengan RAM 8 GB dan penyimpanan hingga 128 GB. Baterainya yang berkapasitas 4.500 mAh telah didukung fast wireless charging 2.0.

3. Galaxy Z Fold 2

Selain meluncurkan Galaxy S20 FE, Samsung juga turut menghadirkan smartphone layar lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Fold 2. Smartphone ini memiliki kamera selfie ganda beresolusi 10 MP yang dimuat dalam lubang kamera (Infinity-O) di layar utama dan layar sekunder.

Terdapat tiga kamera yang mengisi sisi punggung, dengan konfigurasi mencakup kamera utama 12 MP (f/1.8, OIS, Super Speed Dual Pixel AF), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.4).

Tak cukup sampai di situ saja, deretan kamera ini juga turut dibekali dengan beragam fitur pendukung, seperti Auto Framing untuk zoom otomatis tanpa harus menggerakkan perangkat.

Kemudian terdapat fitur Single Take, Bright Mode, Night Mode, Pro Video Mode, serta Dual Preview yang bisa "menyulap" cover display menjadi viewfinder kamera ketika ponsel dibentangkan.

Galaxy Z Fold 2 ditenagai dengan chipset powerful Snapdragon 865 Plus dengan RAM 12 GB dan storage 256 GB. Smartphone lipat ini ditunjang dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh, yang sudah mendukung teknologi pengisian cepat 25W (wired) dan 11W (wireless).

4. Oppo A33

Oppo kembali memboyong smartphone kelas menengahnya, yakni seri Oppo A33. Smartphone ini resmi hadir di Tanah Air pada 28 September dengan berbekal chipset Snapdragon 460. Chipset tersebut turut disandingkan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB.

Bagian depan Oppo A3 memiliki layar seluas 6,5 inci dengan sebuah lubang (punch hole) di atasnya yang memuat kamera selfie 8 MP (f/2.0).

Selain itu, Oppo A33 juga memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2), kamera portrait 2 MP (f/2.4), kamera macro 2 MP (f/2.4).

Baterainya yang berkapasitas 5.000 mAh sudah mendukung fast charging dengan daya 18 watt dan diklaim mampu mendukung kegiatan sehari-hari pengguna.

5. iPhone SE

Selain Samsung, Apple juga turut menghadirkan smartphone versi murah terbarunya yakni iPhone SE. Kabarnya smartphone ini baru akan menyambangi Indonesia pada 2 Oktober mendatang.

Smartphone penerus iPhone SE (2016) ini hadir dengan konfigurasi kamera selfie 7 MP serta kamera punggung 12 MP, yang mampu merekam video 4K 60 FPS dan foto dalam mode portrait.

Sayangnya beberapa informasi seperti kapasitas RAM dan memori internal pada smartphone ini masih dirahasiakan. Namun yang pasti, iPhone SE bakal dipersenjatai dengan chipset Bionic 13.

6. Asus ROG Phone 3

Asus lagi-lagi menghadirkan smartphone khusus gaming generasi terbarunya yakni ROG Phone 3. Serupa dengan pendahulunya, smartphone ini masih mengusung baterai berkapasitas jumbo 6.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai tersebut, ROG Phone 3 diklaim dapat bertahan hingga 9,2 jam ketika memainkan PUBG Mobile, Asphalt 5 selama 9,5 jam dan Call of Duty Mobile hingga 9,3 jam.

Selain itu, ROG Phone turut mmbawa chipset termutakhir milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865 Plus. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan dengan RAM serta memori internal, masing-masing 8 GB/128 GB dan 12 GB/256 GB.

Meski didesain khusus untuk menunjang kebutuhan gaming, sektor kamera pada smartphone ini juga patut diacungi jempol.

Terdapat tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama MP 64 (f/2.2), kamera ultra-wide 13 MP (f/2.2), dan kamera makro. Di bagian depan, terdapat satu buah kamera selfie beresolusi 24 MP.

7. Nokia C1

Kembali meramaikan pasar smartphone Indonesia, HMD Global resmi memboyong Nokia C1 ke Tanah Air. Mengusung chipset Quad core berkecepatan 1,3 GHz, Nokia C1 memiliki RAM 1 GB, media penyimpanan 16 GB, serta baterai berkapasitas 2.500 mAh.

Ponsel entry-level ini didukung dengan kamera selfie beresolusi 5 MP dan satu buah kamera punggung 5 MP lengkap dengan lampu LED Flash.

8. Vivo V20

Di penghujung bulan September, Vivo resmi meluncurkan smartphone kelas menengah Vivo V20. Mengunggulkan sektor kamera, Vivo V20 dibekali dengan kamera utama 64 MP, kamera mono 2 MP, kamera multimode 8 MP dan kamera mono 2 MP.

Kehadiran kamera multimode sendiri dapat difungsikan sebagai super wide-angle, super macro, dan depth camera. Sementara di bagian depan, bertengger satu buah kamera selfie beresolusi 44 MP.

Ditenagai oleh chipset Snapdragon 720 G, Vivo V20 memiliki RAM berkapasitas 8 GB dengan media penyimpanan 128 GB. Untuk menyuplai daya, terdapat baterai 4.000 mAh yang sudah mendukung FlashCharge 33 Watt.

Selain V20, Vivo juga merilis edisi V20 SE dengan spesifikasi layar 6,44 inci, dan mengusung chipset Snapdragon 665 yang dipadu dengan kombinasi memori RAM 8GB/128 GB.

Ada tiga kamera belakang Vivo V20 SE yang terdiri dari kamera utama 48 MP, dualmode 8MP, dan depth camera 2MP. Baterai Vivo V20 SE berkapasitas 4.100 mAh.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/01/11220097/daftar-ponsel-baru-yang-meluncur-di-indonesia-september-2020

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.