Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menilik Desain dan Fitur Vivo V20

Sebagai versi termahal, Vivo V20 memiliki desain dan spesifikasi yang diklaim terbaik di kelasnya. KompasTekno pun berkesempatan untuk membuka kotak kemasan, sekaligus menjajal ponsel tersebut selama berhari-hari.

Saat pertama kali digenggam, bobot Vivo V20 terasa sangat ramping, ringan, dan nyaman di tangan. Ponsel ini juga tampil premium dan terkesan seperti ponsel mewah. Vivo menyebutnya sebagai "Ultra Sleek Design".

Lewat desain tersebut, Vivo tampaknya ingin merancang V20 dengan ketebalan ponsel setipis mungkin. Di atas kertas, dimensi ketebalan ponsel tersebut tercatat 7,38 mm, dengan bobot 171 gram, untuk varian warna Midnight Jazz.

Sedangkan untuk varian warna Sunset Melody, angka ketebalannya tercatat 7,48 mm, dengan bobot mencapai 172 gram. Menariknya, varian ini bisa memantulkan warna cerah yang warnanya bisa berubah sesuai sudut pandang.

Bagian punggung Vivo V20 sendiri bermateri kaca 2,5D dan memberikan kesan mengilap seperti ponsel kekinian pada umumnya.

Di sisi ini, terdapat tiga kamera yang ditampung dalam sebuah modul persegi, terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera Multimode 8MP (Super Wide-Angle, Super Macro, Depth), serta kamera Mono 2MP. Ketiga kamera ini tampak disusun secara simetri sehingga menyerupai bidang segitiga.

Beralih ke bagian depan, Vivo V20 dibekali layar berjenis AMOLED dengan diagonal 6,44 inci dan resolusi Full HD Plus.

Bagian atas ponsel ini turut dihiasi dengan poni (notch) konvensional yang menampung kamera selfie 44 MP.

Fitur kamera mumpuni

Membahas soal kamera, kinerja fotografi merupakan fitur andalan di Vivo V20. Kamera depan ponsel ini dibekali dengan teknologi Eye Tracking dan Autofocus.

Dengan teknologi tersebut, kamera depan ini diklaim sanggup mengunci fokus di mata subyek, walaupun subyek bergerak-gerak, baik menyamping, mendekati, maupun menjauhi kamera. Sehingga, hasil foto selfie bakal tetap jernih dan kaya akan detail.

Selain itu, kamera depan ini juga ditemani dengan sederet fitur lainnya, seperti perekaman video selfie 4K, Steadiface Selfie Video, Super Night Selfie, Selfie Softlight Band, SloMo Selfie Video, hingga Dual-View Video.

Tak cuma kamera depan, kamera belakang Vivo V20 juga turut dibekali dengan beragam fitur, di antaranya Super Night Mode untuk mengabadikan kondisi lingkungan yang minim cahaya, Autofocus, Memory Recaller, Dual-View Video, Art Portrait Video, dan Dynamic Sky.

Fitur unik lainnya adalah kamera multimode 8 MP yang memiliki fungsi ganda, yakni untuk memotret obyek dengan bidang pandang 120 derajat, memotret obyek dengan jarak superdekat, dan depth untuk menghasilkan foto bokeh.

Performa untuk tunjang produktivitas

Untuk menunjang aspek performa, Vivo mengandalkan chipset Snapdragon 720G sebagai "otak" dari V20, dipadankan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, ponsel ini diklaim sudah nyaman dipakai untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan, alias multitasking, tanpa memperlambat performa perangkat.

Apalagi, ponsel tersebut sudah menjalankan software terkini, yakni sistem operasi Android 11 yang dikombinasikan dengan tampilan FunTouchOS 11.

Beralih ke sektor daya, Vivo V20 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Ponsel ini juga dibekali dengan fitur NFC Multifunctions. Tak hanya untuk mengisi saldo kartu uang elektronik, fitur ini juga bisa dipakai untuk menduplikasi kartu akses untuk membuka pintu, asalkan kartu tersebut tidak memiliki sistem enkripsi.

Dengan begitu, pengguna tak perlu repot-repot membawa kartu akses apabila bepergian, atau tidak perlu khawatir jika kartu akses ketinggalan.

Ada pula fitur Multi Turbo dan Game Turbo yang bisa dipakai untuk meningkatkan pengalaman bermain game, serta Jovi Smart Scene yang mampu memahami dan mengawasi kebiasaan pengguna agar kondisi tubuh tetap fit.

Isi kotak penjualan Vivo V20

Berpindah kotak penjualan, isi kotak kemasan Vivo V20 sendiri terbilang cukup lengkap. Selain unit ponsel, pengguna juga bakal mendapatkan kepala charger yang sudah mendukung teknologi FlashCharge 2.0, berikut kabel pengisi daya.

Kemudian, ada headset dengan colokan jack audio 3,5mm, SIM card ejector tool, dan softcase. Selain itu, ada pula buku panduan, buku garansi, dan stiker IMEI.

Selain itu, tombol dan port yang menghiasi sekujur bingkai Vivo V20 sendiri juga bisa dibilang cukup lengkap pula.

Di bingkai bagian bawah ponsel terdapat port USB Type-C, jack audio 3,5 mm, dan lubang speaker. Tidak seperti bagian bingkai bawah, bagian atas ponsel ini rata dan tidak dibekali dengan lubang apa pun.

Bingkai sisi kanan Vivo V20 terdapat dengan power dan volume untuk mengatur audio. Sementara di bingkai sisi kirinya ada laci untuk memasukkan dua kartu SIM dan sebuah slot untuk kartu microSD.

Penasaran bagaimana sosok Vivo V20? Wujudnya secara lengkap bisa dilihat di galeri foto berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/02/11150917/menilik-desain-dan-fitur-vivo-v20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke