Salin Artikel

Game "Ragnarok Online" Dibuat Versi Battle Royale

Tak mau kalah, game ikonik besutan Gravity, Ragnarok Online (RO), juga dipastikan bakal beralih ke tema battle royale, dari sebelumnya bergenre MMORPG (massively multiplayer online role-playing game).

Hal ini diketahui dari sebuah blog resmi yang memaparkan progres pengembangan serta video cuplikan (trailer) game Gravity teranyar berjudul Ragnarok: Battle Academy (ROBA).

Berdasarkan keterangan di halaman tersebut, game ini bakal memiliki mekanisme permainan (gameplay) identik dengan game battle royale lainnya, di mana pemain harus saling menyerang untuk menjadi pemenang.

Pemain juga sepertinya diharuskan berpacu dengan waktu. Sebab, seiring berjalannya waktu, area permainan juga bakal semakin mengecil, otomatis persaingan juga bakal semakin sengit.

Meski jenis permainan ini akan mengusung battle royale, pemain juga akan merasakan elemen gameplay layaknya bermain sebuah game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA), seperti Mobile Legends.

Dengan demikian, battle royale yang diusung Ragnarok Online akan berbeda dengan PUBG Mobile, Free Fire, atau COD Mobile.

Pemain bisa meningkatkan skill yang mereka miliki ketika mereka "naik level", bisa saja dengan membunuh monster yang ada atau mengeliminasi pemain lainnya.

Gameplay battle royale ini sebenarnya sudah sempat hadir di Ragnarok Online sejak lewat mode player versus player (PvP), guild versus guild (GvG), atau War of Emperium (WoE).

Ketiga mode ini memungkinkan pemain mengeliminasi pemain lainnya untuk mendapatkan poin, atau sekadar unjuk kemampuan, di beragam tempat seperti kota, kastel, hingga arena pertarungan kecil.

Bedanya, karena mengusung tema battle royale, ROBA bakal menampung lebih banyak pemain.

Setidaknya akan ada sebanyak 60 pemain, baik itu individu maupun tim, yang bakal bertarung di dalam satu map besar bernama "Training Grounds".

Beberapa POI ini nantinya juga bakal diisi dengan beragam senjata (equipment) dan monster yang bisa dibasmi untuk meningkatkan kemampuan karakter.

Belum diketahui kapan game teranyar RO ini bakal bisa dinikmati pengguna secara umum. Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MMOCulture, Rabu (7/10/2020), ROBA kini sedang dalam proses penyempurnaan dan versi Closed Beta bakal dirilis ke sebagian kecil pengguna Android dan iOS sekitar akhir tahun 2020.

Artinya, game ini tampaknya belum bakal dirilis ke pengguna secara luas di tahun ini, mungkin saja bisa dimainkan tahun depan.

Sembari menunggu, simak video trailer yang menampilkan sedikit gameplay ROBA melalui tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/07/08090067/game-ragnarok-online-dibuat-versi-battle-royale

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.