Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amplop Ikonik Gmail Hilang, Ini Tampilan Logo Baru Layanan Google

KOMPAS.com - Google mengenalkan logo baru untuk sejumlah layanannya, seperti Gmail, Drive, Calendar, Docs, dan Meet.

Penyegaran logo ini dilakukan Google sebagai bagian dari rebranding yang diluncurkan perusahaan, agar selaras dengan penggantian nama layanan Google Suite menjadi Google Workspace.

Logo-logo baru layanan Google kini memadukan warna-warna merah, hijau, kuning, dan biru. Logo Gmail misalnya, ikon amplop putih ditanggalkan dan digantikan dengan warna-warni seperti di atas.

Jika dicermati, warna-warna tersebut memang warna khas Google yang dipakai sejak 1998 lalu. Berikut beberapa produk Google sebelum dan sesudah diubah.

1. Gmail

Logo Gmail sebelumnya berbentuk "amplop" surat ikonik, dengan garis merah membentuk huruf M (mail) dan putih.

Kini, para pengguna akan mulai melihat amplop ikonik itu digantikan dengn huruf M dengan corak warna merah, sedikit kuning, biru serta hijau.

2. Google Calendar

Logo google Calendar biasanya berbentuk kalender lipat vertikal yang didominasi dengan warna biru dan abu-abu serta angka 31.

Pada logo Calendar yang baru, Google menggunakan warna biru yang dominan, ditambah aksen warna hijau, kuning serta sedikit warna merah di ujungnya.

 3. Google Drive

Logo Google Drive selama ini memang telah mengusung perpaduan warna yang biasanya digunakan oleh Google, yakn hijau, kuning, biru.

Namun kini Google melengkapinya dengan sedikit aksen warna merah di bagian ujung kanan bawah logo tersebut, sehingga warna khas Google menjadi lengkap.

Hal yang paling unik dan paling terlihat baru adalah logo Google Docs dan Sheet. Biasanya Google Docs dan Spreadsheet memiliki warna logo yang berbeda. 

Biasanya untuk Google Docs terdiri dari warna biru, Google Sheet berwarna hijau dan Google Slides berwarna kuning.

Sementara pada logo Docs terbaru, Google menggunakan satu logo untuk ketiga produk tersebut. Logo itu terdiri dari kombinasi warna kuning, hijau, biru dan sedikit merah dibagian kanan atas. 

5. Google Meet

Logo Google Meet pun diubah demikian, gelembung warna hijau tua dan ikon kamera kini diganti dengan logo berbentuk kamera menghadap ke sisi kanan, dengan kombinasi warna "Google". Seluruh layanan Google tersebut bisa dijumpai dalam Google Workspace.

Di samping nama baru dan desain logo yang kini lebih minimalis, layanan berbayar Google Workspace juga didatangi dengan sejumlah fitur baru.

Salah satunya adalah penggabungan fitur Mail, Chat, Rooms, dan Meet dalam satu aplikasi Gmail yang kini bisa diakses oleh pelanggan Google Workspace, serta fitur mention yang memungkinkan pengguna melihat detail kontak rekan kerja.

Ada pula sejumlah fitur anyar yang bakal hadir di layanan tersebut dalam beberapa waktu ke depan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/07/19040057/amplop-ikonik-gmail-hilang-ini-tampilan-logo-baru-layanan-google

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke