Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda-tanda iPad Air 4 dan Apple Watch SE Segera Masuk Indonesia

Tanda-tanda bahwa mereka akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat adalah munculnya sertifikasi lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di laman Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ada dua sertifikat yang terdaftar pada tanggal 5 Oktober 2020 dan diajukan oleh perusahan PT. Apple Indonesia. Pertama adalah sertifikasi komputer tablet dengan nomor sertifikasi 929/SJ-IND.8/TKDN/10/2020.

Ada dua produk yang terdaftar, yakni Apple iPad model A2429 (iPad 8, 2020) dan Apple iPad Air model A2072 (iPad Air 4). Keduanya sama-sama mengantongi bobot nilai TKDN sebesar 30 persen.

Sertifikasi kedua adalah smartwatch dengan nomor sertifikat 928/SJ-IND.8/TKDN/10/2020.

Ada empat model produk yang didaftarkan. Pertama adalah dua Apple Watch Series 6 model A2375 dan model A2376. Kemudian dua model lainnya adalah Apple Watch SE model A2355 dan model A2356.

Keempat smartwatch memperoleh nilai TKDN sebesar 30 persen seperti iPad. KompasTekno, pada Kamis (8/10/2020), juga telah mengunjungi laman sertifikasi postel Ditjen SDPPI, namun sertifikat yang sama belum terlihat.

Selain memenuhi persyaratan TKDN, gadget juga harus lolos uji Ditjen SDPPI sebelum bisa dipasarkan di Indonesia.

Apple Watch SE sendiri merupakan Apple Watch "murah" yang juga diluncurkan Apple bulan September lalu. Fisiknya serupa dengan Apple Watch Series 6, tapi spesifikasinya identik dengan Apple Watch 5.

Sementara itu, Apple Watch Series 6 membawa fitur unggulan lain, salah satunya adalah pendeteksi kadar oksigen dalam darah yang memanfaatkan teknologi sinar infrared. Smartwatch ini bisa mendeteksi tingkat oksigen dalam darah dalam waktu 15 detik.

Apple Watch Series 6 ditenagai chip A13 Bionic yang telah disesuaikan untuk Apple Watch.
Bagaimana dengan iPad Air 4? Tablet ini merupakan perangkat pertama Apple yang diotaki chip A14 Bionic terbaru.

Sementara itu, iPad Air 4 memiliki desain yang mirip dengan iPad Pro dengan layar berbentang 10,9 inci dan resolusi 2360 x 1640. Tidak ada konektor Lighting, fungsinya digantikan oleh USB tipe C seperti iPad Pro.

Tablet ini juga telah mendukung aksesori Apple Pencil 2 dan Magic Keyboard Apple. Di belakang terdapat sebuah kamera beresolusi 12MP (f/1.8) dan ada sebuah kamera selfie beresolusi 7MP di bagian depan.

Untuk Apple Watch Series 6, dijual mulai dengan banderol 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,9 juta. Sedangkan Apple Watch SE dijual mulai dari harga 279 dollar AS atau sekitar Rp 4,1 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/08/09000047/tanda-tanda-ipad-air-4-dan-apple-watch-se-segera-masuk-indonesia

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.