Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prediksi 150 Juta Smartphone pada 2021

Pasar smartphone global diprediksi akan mengalami peningkatan pada 2021 mendatang. Setidaknya begitu menurut sebuah laporan yang dirilis firma riset Digitimes Research baru-baru ini.

Tak sekadar tumbuh, firma riset ini menaksir bahwa kenaikan jumlah pengiriman smartphone secara global akan terdongkrak sebanyak 150 juta unit di 2021.

Riset tersebut mengatakan, peningkatan ini didorong oleh infrastruktur 5G yang ketersediaannya semakin merata di sejumlah wilayah, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, hingga Jepang.

Selain itu, kehadiran aneka ponsel 5G dan 4G yang menyasar kelas entry-level di sejumlah negara berkembang juga disebut akan turut berkontribusi terhadap jumlah pengiriman ponsel pintar secara global.

Digitimes juga memprediksi bahwa peningkatan ini bakal berlanjut setidaknya hingga lima tahun ke depan, dengan jumlah taksiran pengiriman ponsel global mencapai 1,5 miliar unit di 2023 dan 1,7 miliar unit di 2025.

Adapun jumlah pengiriman smartphone 5G secara global sendiri, di tahun ini ditaksir mencapai 200 juta unit dan diprediksi terus meningkat mencapai 1,22 miliar unit pada 2025 mendatang.

Sayangnya, Digitimes tidak memberikan gambaran secara rinci bagaimana sebenarnya pertumbuhan pasar smartphone global secara per kuartal atau per semester di 2021 nanti.

Firma riset ini memprediksi bahwa di tahun depan, dua posisi teratas di pasaran smartphone global bakal diduduki oleh Samsung dan Apple, diikuti oleh Oppo, Vivo, Xiaomi, Transsion (perusahaan yang menaungi Tecno, Itel, dan Infinix), dan Huawei.

Huawei sendiri merosot sampai ke posisi ketujuh karena efek dari drama pemblokiran oleh AS yang tak kunjung mendapatkan titik terang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digitimes, Sabtu (10/10/2020).

Tak hanya Digitimes, firma riset Canalys juga sempat memprediksi pasaran smartphone 5G secara global di tahun 2020. 

Mereka memperkirakan bahwa pengiriman smartphone 5G bakal menyentuh angka 278 juta unit di 2020.

Sejalan dengan Digitimes, firma riset tersebut turut memprediksi bahwa pasaran smartphone global bakal meningkat 9,9 persen YoY pada 2021 mendatang, keluar dari tren penurunan yang melanda industri smartphone selama tiga tahun terakhir.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/10/08030057/prediksi-150-juta-smartphone-pada-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke