Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Kecepatan Internet By.U, Switch Mobile, dan Live On?

Karena itu layanan operator digital seperti By.u dari Telkomsel, Switch dari Smartfren, dan Live On dari XL Axiata, mengedepankan fitur dan pilihan kuota yang bisa di "mix & match" lewat satu aplikasi di gadget pengguna.

Lantas, bagaimana kualitas kecepatan internet yang ditawarkan para operator seluler digital ini? Sejauh mana cakupan atau jangkauan layanan mereka?

By.U

By.U resmi diluncurkan pada Oktober 2019 oleh Telkomsel, yang diposisikan sebagai produk baru yang sejajar dengan produk serupa lainnya, seperti Kartu AS, Loop, dan lainnya.

Vice President by.U, Trio Lumbantoruan menyebut bahwa jaringan by.U masih menggunakan infrastruktur yang sama dengan Telkomsel, sehingga layanan by.U tersedia di hampir seluruh wilayah di Indonesia yang terjangkau sinyal Telkomsel.

"by.U merupakan layanan seluler prabayar serba digital pertama di Indonesia yang beroperasi di jaringan 4G LTE Telkomsel dengan dukungan kualitas dan kapasitas broadband prima yang menjangkau 95 persen wilayah populasi hingga pelosok negeri," jelas Trio kepada KompasTekno, Jumat (9/10/2020).

Dengan alasan tersebut, By.U diklaim memiliki kecepatan internet yang hampir sama dengan produk prabayar Telkomsel lainnya.

Meski demikian, masih ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas layanan by.U. Beberapa di antaranya meliputi jenis perangkat yang digunakan, kondisi lokasi pelanggan, serta kepadatan pengguna internet di suatu lokasi.

Switch Mobile

Smartfren turut menghadirkan operator seluler digital baru bernama Switch Mobile. Chief Brand Officer Switch Mobile, Lembu Wiworojati menyebut bahwa wilayah cakupan Switch Mobile masih sebatas di kota-kota besar di Indonesia saja.

Ini disebabkan karena Switch Mobile berfokus pada pengguna milenial yang memiliki kebutuhan gaya hidup digital, sehingga layanan disesuaikan dengan pengguna di kota-kota besar.

"Kebanyakan di Jawa, Bali, dan Sumatera yang cukup dominan," kata Lembu.

Karena masih merupakan satu kesatuan dengan jaringan Smartfren, Switch Mobile diklaim menyediakan layanan internet 4G dengan kecepatan serupa dengan induknya.

Pantauan KompasTekno pada halaman Switch Mobile, kecepatan internet Switch diklaim antara 128 kbps hingga 512 kbps. Kecepatan ini disesuaikan berdasarkan besarnya kuota yang telah digunakan.

Misalnya, ketika pemakaian kuota paket Base Plan telah mencapai 3 GB, maka kecepatan internet yang awalnya 256 kbps akan diturunkan menjadi 128 kbps.

Live On

Operator seluler digital yang satu ini adalah produk keluaran XL Axiata. Dibandingkan dengan by.U dan Switch Mobile, Live On masih terbilang baru, karena meluncur pada awal Oktober ini.

Live On sendiri bertopang pada jaringan internet XL Axiata, sehingga operator digital ini memiliki cakupan wilayah yang serupa pula.

"Live On pakai infrastruktur XL, jadi cakupan layanannya mencapai seluruh wilayah Indonesia," tutur Tri Wahyuningsih selaku Group Head Corporate Communication XL Axiata.

Bicara soal kecepatan internet, Live On menghadirkan layanan internet 4G dengan kecepatan yang diklaim mencapai 15 Mbps.

Saat ini terdapat dua pilihan paket yang bisa dinikmati pada Live On, yakni Live On Power On dan Live On Power Full.

Uniknya, kedua paket ini turut dilengkapi dengan Emergency Quota gratis sebesar 3 GB, yang akan aktif ketika kuota utama habis. Karena dimaksudkan sebagai kuota darurat, kuota ini hanya dapat berjalan pada kecepatan internet maksimal 128 kbps.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/10/16570037/berapa-kecepatan-internet-by.u-switch-mobile-dan-live-on-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke