Salin Artikel

Cara Pakai Discord di Smartphone dan PC untuk Main Game dengan Teman

Belakangan, aplikasi yang dirilis pada 2015 lalu ini kembali naik daun. Bahkan, jumlah orang yang mengunduh Discord dilaporkan meningkat dengan pesat berkat kepopuleran game besutan InnerSloth, Among Us.

Di kalangan gamers secara umum, Discord sendiri biasa dipakai sebagai alat komunikasi alternatif. Sebab, tak sedikit game yang mereka mainkan memiliki in-game voice chat dengan kualitas yang buruk.

Bahkan, ada sebagian yang tidak memiliki fitur voice chat, meski game tersebut bisa dimainkan secara online bersama teman, salah satunya adalah game Among Us tadi.

Discord sendiri tersedia untuk perangkat Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS. Aplikasi tersebut bisa diunduh di tautan berikut.

Pengguna pun bisa bercakap-cakap dengan kerabat sembari bermain game, meski mereka memasang Discord di perangkat yang berbeda.

Lantas, bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut? Simak cara memakai Discord di platform smartphone dan PC berikut.

Cara menggunakan Discord di smartphone

Pertama-tama, unduh aplikasi Discord melalui tautan di atas. Lalu, buka aplikasi Discord dan masuk menggunakan akun yang telah dibuat dengan meng-klik tombol "Login". Apabila belum punya, klik tombol "Register" untuk membuat akun baru.

Jangan terkecoh, server di sini merupakan istilah dari ruangan virtual yang akan kita buat. Apabila sudah selesai menamai ruangan, klik tombol "Create Server".

Pada halaman selanjutnya, pengguna bakal disodori dengan halaman untuk membagikan tautan server, aktifkan toggle "Set this link to never expire" dan klik tombol "Share Link" untuk membagikan tautan tersebut. Kemudian, klik ikon "X" yang ada di pojok kiri atas.

Selesai, server Discord telah berhasil dibuat. Tampilan utama yang bakal dilihat pertama kali memiliki fungsi utama untuk percakapan via teks atau chatting.

Setelah itu, layanan voice chat pun sudah aktif dan bakal berjalan secara background dan bisa dipakai untuk berkomunikasi sembari bermain game.

Untuk menambahkan teman, klik ikon "+". Kemudian untuk mengakhiri voice chat, pengguna cukup menekan tombol bergambar telepon "x" berwarna merah untuk mengakhiri panggilan.

Cara menggunakan Discord di PC

Cara membuat server di Discord versi PC kurang lebih sama dengan versi smartphone.

Langkah pertama, pengguna diwajibkan untuk mengunduh, memasang, serta masuk menggunakan akun Discord yang sudah dibuat.

Perbedaan terletak di langkah selanjutnya, di mana Discord versi PC menyediakan beberapa templat server yang bisa dipakai, seperti Gaming, Friends, Study Group, dan lain sebagainya.

Nantinya, beragam template ini bakal menyediakan sejumlah kanal (channel) yang sudah dibuat, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot untuk membuatnya sendiri.

Sama seperti di smartphone, Anda lantas bakal disodorkan dengan tampilan utama server yang telah dibuat. Di sini, klik menu "General" yang ada di bawah "Voice Channels" untuk mengaktifkan voice chat.

Adapun layanan tersebut bisa disetop dengan meng-klik ikon "telepon" yang berada di bagian paling bawah menu yang mencantumkan "General" tadi.

Cara bergabung dengan teman

Supaya teman Anda bisa masuk dan bercakap-cakap via suara dengan Anda, maka mereka harus memiliki tautan server Discord yang telah Anda buat terlebih dahulu.

Kemudian, masukkan tautan yang telah dibagikan di kolom yang tersedia dan klik tombol "Join Server".

Terakhir, klik tombol "Accept Invite". Beberapa saat kemudian, teman Anda bakal disodori dengan tampilan utama ruangan yang sudah Anda buat.

Di sini, klik kanal "General" yang berada di bawah menu "Voice Channels", sama seperti cara mengaktifkan layanan voice chat tadi.

Anda dan teman Anda juga bisa meng-klik kanal lainnya, yang diawali dengan tagar (#) untuk mengaktifkan layanan suara, asalkan masih berada di bawah menu "Voice Channels".

Selamat mencoba!

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/11/13450097/cara-pakai-discord-di-smartphone-dan-pc-untuk-main-game-dengan-teman

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.