Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kejahatan Siber di Indonesia Naik 4 Kali Lipat Selama Pandemi

Berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2020, terdapat hampir 190 juta upaya serangan siber di Indonesia, naik lebih dari empat kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu yang tercatat di kisaran 39 juta.

Angka terbanyak dicatat pada Agustus 2020, di mana BSSN mencatat jumlah serangan siber di kisaran 63 juta, jauh lebih tinggi dibandingkan Agustus 2019 yang hanya di kisaran 5 juta.

Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional III BSSN, Sigit Kurniawan, mengatakan kenaikan tajam jumlah serangan siber di Indonesia dipengaruhi langsung oleh perubahan pola hidup masyarakat selama pandemi.

Karena pemakaian internet dan transaksi online semakin banyak, kata Sigit, pelaku kejahatan siber pun makin gencar melancarkan aksinya.

Peningkatan itu tak lain disebabkan oleh kebijakan social distancing yang membuat warga bekerja, belajar, dan melakukan berbagai aktivitas lain dari rumah lewat sambungan internet.

Pusat penggunaan internet juga bergeser, dari tadinya berada di lingkungan perkantoran, kini menjadi lebih banyak di wilayah pemukiman. Pemakaian internet di daerah tertinggal turut naik sebesar 23 persen.

Meskipun jumlah laporan serangan siber di Indonesia terkesan tinggi, Sigit menegaskan bahwa angka yang dicatat BSSN merupakan "upaya kejahatan", bukan serangan siber yang berhasil terjadi.

Sigit menjelaskan, salah satu parameter yang dinilai BSSN sebagai serangan siber adalah kegiatan peretas yang melakukan scanning pada port situs yang terbuka dengan mengirimkan paket SYN scan.

"Ada kegiatan yang tidak normal dan ini yang ditangkap oleh BSSN sebagai suatu serangan," pungkas Sigit.

 

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/12/07020007/kejahatan-siber-di-indonesia-naik-4-kali-lipat-selama-pandemi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke