Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mematikan Update Windows 10 secara Permanen

Update otomatis yang tiba-tiba muncul kerap ditemukan oleh para pengguna Windows 10. Sistem operasi tersebut memang memiliki fitur pembaruan otomatis yang datangnya kerap tidak terduga.

Hal ini justru membuat para pengguna merasa tidak nyaman dengan keberadaan update otomatis di Windows 10.

Misalnya, apabila koneksi internet yang digunakan berasal dari ponsel (via tethering), maka update otomatis inibisa menguras kuota pengguna tanpa disadari.

Selain itu, fitur update secara berkala ini biasanya juga menunda proses restart dan shut down untuk menerapkan pembaruan, sehingga bisa mengganggu apabila pengguna perlu reboot dengan cepat.

Nah, kali ini KompasTekno ingin membahas cara atau trik untuk mematikan fitur update otomatis, khususnya di komputer/laptop yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Ada dua yang bisa dilakukan, yakni menangguhkan update otomatis untuk sementara dan mematikan update otomatis secara permanen. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara mematikan update otomatis Windows 10 secara permanen

Fitur automatic updates sendiri sejatinya bisa dimatikan secara permanen. Namun, caranya agak lebih sulit dibandingkan cara di atas.

Dirangkum KompasTekno dari Windows Central, apabila ingin melakukan pembaruan, Anda bisa kembali mengunjungi menu "Windows Update" yang ada di langkah awal tadi dan klik "Check for updates".

Perlu ditambahkan bahwa update Windows kerap berisi pembaruan penting untuk mengatasi bug atau celah keamanan. Karena itu, jikapun cara otomatis ditangguhkan atau dimatikan, jangan lupa untuk melakukan update rutin secara manual dengan "Check for updates" tadi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/13/19140067/cara-mematikan-update-windows-10-secara-permanen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke