Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yahoo Groups Ditutup 15 Desember, Bagaimana Nasib Pengguna E-mail Yahoo?

Warganet pun merespons kabar ini. Banyak yang bertanya-tanya apakah penutupan Yahoo Groups akan berdampak pada akun e-mail Yahoo Mail mereka. "Apakah @yahoomail ditutup permanen?" tulis akun Twitter @dinesh17S merespons salah satu twit dari Yahoo Finance.

Warganet lain juga memastikan apakah Yahoo Mail ikut terdampak atau tidak. "Ini yang ditutup maksudnya fitur "Yahoo! Group" kan? "Yahoo! Mail" masih bisa kan?" tulis akun @penyejukbuatan.

"Tidak (terdampak), yang dinon-aktifkan hanya layanan Yahoo Groups (groups.yahoo.com) dan e-mail yang dikirim menggunakan Yahoo Groups. Yahoo Mail akan tetap berfungsi normal," tulis laman Yahoo.

Dua layanan berbeda

Yahoo Mail dan Yahoo Groups adalah dua layanan yang berbeda. Yahoo Groups merupakan sebuah forum online atau dikenal pula dengan mailing list.

Lewat Yahoo Groups, pengguna bisa saling berkirim e-mail ke beberapa pengguna lain dengan cepat. Selain itu, mereka bisa berbagi foto, pesan, dan data.

Mereka juga bisa melakukan polling dan mencatat kejadian di kalender Groups. Fungsi Yahoo Groups ini mirip dengan laman grup di Facebook atau forum online Reddit.

Sementara, Yahoo Mail lebih mirip dengan Gmail, yakni penyedia layanan surat elektronik (webmail) dari Yahoo. Pengguna bisa berkirim e-email lewat Yahoo Mail atau membuat akun media sosial dengan akun Yahoo Mail.

Kalah bersaing dari forum lain

Kembali membahas penutupan Yahoo Groups, Verizon yang mengakuisisi Yahoo sejal 2017 lalu tidak berniat menghidupkan layanan ini. Sebab, jumlah penggunanya terus-menerus turun.

Sejak diluncurkan tahun 2001, popularistas Yahoo Groups kalah dengan forum online lain seperti Reddit, Google Groups, dan Facebook Groups. Sejak pengumuman penutupan ditampilkan, Verizon mengatakan pengguna Yahoo Groups tidak bisa membuat grup baru lagi.

Hanya layanan e-mail saja yang masih berfungsi. Namun setelah 15 Desember 2020, semua layanan di Yahoo Groups tidak akan bisa diakses.

Bagi pengguna yang masih urung meninggalkan Yahoo Groups, Verizon meminta mereka untuk mengorganisasi pesan mereka serta memindahkan percakapan ke boards dan tempat pertemuan baru sebelum penutupan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/15/11155307/yahoo-groups-ditutup-15-desember-bagaimana-nasib-pengguna-e-mail-yahoo

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke