Salin Artikel

Posting Viral Kecepatan Internet, Ini 3 Aplikasi untuk Uji Kencang

KOMPAS.com - Warganet beramai-ramai mem-posting foto hasil uji kecepatan internet mereka di Twitter, sambil menyebut lokasi mereka ada di mana.

Tren itu berawal dari seorang pengguna bernama Birk Jernström dengan handle (@birk). Pada Selasa (13/10/2020), ia memamerkan kecepatan internet di sebuah pulau yang terpencil, seraya bertanya, "Mengapa Swedia punya banyak startup unicorn?"

Kecepatan internet di lokasi Birk tersebut adalah 680 Mbps, yang dari tampilannya, tampak diuji dengan situs web Fast.com.

Ada yang membalas dari Kenya dengan hasil kecepatan 21 Mbps, seharga 30 dollar AS sebulan, Filipina dengan kecepatan 600 Kbps, dan Kanada dengan 1,1 Gbps.

Banyak pula warganet asal Indonesia yang membalas posting tersebut, seperti pengguna Fajar Setiawan yang memamerkan kecepatan internet IndiHome 140 Kbps.

Ada pula pengguna Bani (AdnifAhbaf) yang membalas dengan kecepatan 8,9 Mbps di Jakarta dengan biaya langganan 23 dollar AS (sekitar Rp 300.000-an) sebulan.

Kecepatan internet sebenarnya dpengaruhi oleh berbagai faktor. Internet yang bermasalah biasanya ditandai dengan koneksi lambat atau bahkan tidak bisa diakses.

Untuk mengetahui secara pasti, setidaknya ada tiga aplikasi yang telah KompasTekno rangkum untuk mengecek seberapa cepat koneksi internet yang digunakan.

Silakan simak penjelasannya berikut ini:

1. Fast

Fast merupakan situs penguji kecepatan internet milik penyedia layanan video streaming, Netflix. Situs ini memiliki fungsi untuk menguji kecepatan akses downlink internet.

Anda dapat mengunjungi tautan berikut ini www.fast.com untuk langsung melihat hasil uji kecepatan download dalam satuan megabit per detik (Mbps).

Fast tidak menampilkan hasil uji parameter lain seperti ping, latency, atau kecepatan upload.

Perlu dicatat, uji kecepatan Fast bisa digunakan oleh siapapun dan kapanpun juga secara cuma-cuma.

Pengguna juga tidak diharuskan memiliki akun Netflix untuk menggunakan layanan ini. Fast pun bisa dipakai untuk menguji kecepatan akses mobile atau broadband.

2. Speedtest

Aplikasi Speedtest berfungsi untuk menguji jaringan atau layanan internet yang berjalan di perangkat smartphone.

Selain lewat aplikasi, Speedtest juga bisa diakses melalui website. Caranya, Anda bisa langsung mengunjungi situs https://www.speedtest.net lalu pilih opsi "Go" yang terletak di bagian tengah halaman untuk mulai menguji kecepatan akses internet.

Setelah mengklik opsi "Go", Speedtest akan langsung menghitung kecepatan internet Anda saat ini secara realtime.

Ketika selesai, nantinya akan muncul rincian hasil uji parameter, seperti ping, download, dan upload dalam satuan megabit per detik (Mbps).

Aplikasi Speedtest kini sudah tersedia bagi sejumlah pengguna diantaranya, Android, iOS Apple TV, macOS, dan Windows.

3. Nperf

Sejumlah situs yang dimaksud diantaranya yaitu Google, Facebook, dan situs lainnya yang tersedia.

Fitur lain yang tidak kalah menarik dari aplikasi nPerf yaitu pengguna dapat melihat cakupan wilayah koneksi internet dari masing-masing provider serta kualitas kecepatan koneksinya.

Nantinya, hasil pengujian Npref dapat menampilkan perbandingan koneksi internet sesama operator yang beroperasi di wilayah Indonesia.

Dengan demikian, pengguna bisa melihat seberapa kencang koneksi internet yang dipakainya dibanding operator lain di satu lokasi.

Aplikasi Nperf bisa diunduh lewat toko Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/15/14110067/posting-viral-kecepatan-internet-ini-3-aplikasi-untuk-uji-kencang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.