Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Menghubungkan PC, Mac, Android, dan iPhone ke TV Via Chromecast

Perangkat ini pada dasarnya adalah dongle TV yang memungkinkan pengguna melakukan streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi, selama terhubung dalam jaringan yang sama.

Dalam artikel ini, Kompastekno akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan Chromecast di TV, PC, Mac, iPhone, dan Android.

Sebelum mengetahui cara pemasangan dan penggunaan Chromecast, pastikan televisi Anda memiliki port HDMI.

Chromecast terhubung dengan TV melalui koneksi HDMI, dan mendapatkan sumber daya dari port USB atau colokan listrik AC.

Hubungkan chromecast ke jaringan WiFi

Sebelum menghubungkan perangkat lain dengan Chromecast, pertama-tama Anda perlu menyambungkan Chromecast ke jaringan Wifi. Anda bisa menggunakan wifi rumah atau kantor.

Kemudian, pastikan bahwa ponsel yang akan Anda gunakan nanti juga berada pada jaringan Wi-Fi yang sama dengan Chromecast.

Selanjutnya, download aplikasi Google Home dari Google Play Store atau AppStore.

Kemudian buka aplikasi Google Home dari ponsel kemudian Anda bisa menambah perangkat, pilih opsi siapkan perangkat baru dan ikuti petunjuk di layar ponsel.

Cara menggunakan Chromecast di PC

Untuk menyambungkan PC dengan televisi melalui Chromecast, pengguna bisa memanfaatkan browser Google Chrome yang ada di PC. 

Anda bisa membuka Chrome dan buka menu titik tiga vertikal di bagian pojok kanan atas aplikasi kemudian pilih opsi "Cast".

Dengan menggunakan Chrome, Anda bisa memilih untuk menampilkan satu tab saja di televisi, atau bisa juga memindahkan semua tampilan di PC ke televisi. 

Untuk menentukannya, pengguna bisa masuk ke menu "More" kemudian pilih "Cast". Nantinya akan muncul semua perangkat Chromecast yang ada dalam jangkauan. 

Pilih perangkat yang dikehendaki, kemudian pilih "Source". Perlu diingat bahwa Chromecast hanya bisa digunakan untuk Windows 7 atau yang lebih baru.

Cara menggunakan Chromecast di Mac

Cara melakukan streaming dari Mac ke Chromecast sebenarnya tidak jauh beda seperti di PC dengan sistem operasi Windows. Pengguna bisa menggunakan browser Google Chrome. 

Pertama, bukalah aplikasi Google Chrome, kemudian buka menu tiga titik vertikal dan pilih opsi Cast.

Kemudian pilih media Chromecast tujuan Anda, klik "Source" untuk mentransmisikan file, tab, atau seluruh layar Anda.

Cara Menggunakan Chromecast di Android

Menggunakan Chromecast di Android sejatinya lebih mudah. Google pun sudah menyiapkan menu khusus di Android untuk menghubungkan perangkat dengan Chromecast.

Pengguna bisa membuka menu "Setting" di ponsel Android. Kemudian pilih menu "Connected device", dan pilih opsi "Cast". Selanjutnya, pilih perangkat Chromecast Anda dari daftar.

Beberapa aplikasi yang ada di Android, seperti salah satunya adalah YouTube, memiliki tombol khusus untuk Chromecast.

Jika Anda mengetuk tombol tersebut, secara otomatis video yang dibuka di perangkat Android, akan ditampilkan ke televisi yang terhubung dengan Chromecast Anda.

Cara menggunakan Chromecast di iPhone

Berbeda dengan Android, pengguna iPhone hanya dapat mentransmisikan konten dari perangkat mereka ke Chromecast jika aplikasi yang mereka gunakan mendukung fungsi tersebut.

Jika aplikasi yang Anda gunakan mendukung Chromecast, Anda akan menemukan tombol kecil yang tampak seperti layar TV pada menu aplikasi. Ketuk ikon tersebut untuk melihat daftar perangkat Chromecast di jaringan Anda.

Cara menggunakan Chromecast Tanpa Wifi

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda dapat menggunakan Chromecast tanpa sambungan WiFi.

Caranya serupa dengan proses menghubungkan Chromecast lewat WiFi. Bedanya, pengguna bisa menyambungkan langsung perangkat Android dengan Chromecast.

Pengguna juga harus mengunduh aplikasi Google Home dari Google Play Store.

Kemudian buka aplikasi Google Home dan perangkat Android akan memindai Chromecast terdekat.

Pilih Chromecast mana yang ingin Anda sambungkan. Kemudian PIN empat digit akan muncul di layar TV.

Langkah berikutnya, masukkan PIN tersebut di ponsel Android Anda sebagai konfirmasi, sebagaimana dirangkum Kompastekno dari Makeusof, Jumat (23/10/2020). Perangkat Android Anda pun akan terhubung dengan Chromecast.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/24/16370017/cara-mudah-menghubungkan-pc-mac-android-dan-iphone-ke-tv-via-chromecast

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke