Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesan Pertama Menggenggam Poco X3

Ponsel yang dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 732G ini hadir dengan dua opsi RAM dan storage, yakni 6 GB/64 GB yang di jual dengan harga Rp 3,2 juta dan varian 8 GB/128 GB sebesar Rp 3,5 juta.

Xiaomi telah melakukan penjualan perdana lewat flash sale Poco X3 NFC pada Kamis (22/10/2020) lalu.

Namun, pencinta brand Poco di Indonesia masih bisa mendapatkan ponsel ini melalui gerai offline Mi Store atau lewat sesi flash sale tambahan hari ini, Selasa, (27/10/2020).

Apabila Anda berencana membeli Poco X3 NFC, tidak ada salahnya melihat dulu bagaimana wujud dan spesifikasi Poco X3 NFC.

Isi kotak penjualan

Kotak kemasan didominasi dengan warna hitam dengan tulisan berwarna kuning, mirip dengan Poco X2. Pada bagian tengah kemasan, terdapat tulisan "X3 NFC".

Pada bagian belakang, tertera informasi singkat berupa sejumlah keterangan spesifikasi.

Dalam kotak penjualan, pembeli akan mendapat satu buah unit ponsel Poco X3 NFC beserta beberapa aksesori yang terdiri dari case transparan, charger, USB Type-C, buku petunjuk, dan kartu garansi.

Seperti biasa, tidak ada earphone yang disertakan dalam kotak pembelian.

Desain

Bodi Poco X3 NFC dibalut dengan bahan bahan plastik polikarbonat. Ketika terkena pantulan cahaya, bagian punggung ponsel ini akan menghasilkan efek mengilap seperti kaca.

Jika dilihat dari kejauhan, ada kesan premium yang muncul. Namun, ketika digenggam, bahan plastiknya terasa licin.

Ponsel ini rentan untuk terselip ketika digenggam oleh tangan yang berkeringat. Selain itu, bagian punggung ponsel ini juga dapat dengan mudah menimbulkan jejak sidik jari.

Sebagai informasi, Poco X3 NFC hadir dengan dua varian warna yakni Shadow Grey (abu-abu) dan Cobalt Blue (biru). Unit Poco X3 NFC yang KompasTekno coba adalah warna Cobalt Blue.

Jika melihat sekeliling ponsel, sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari. Permukaan pemindai sidik jari ini terasa lebih kasar ketika disentuh. 

Di sisi lainnya terdapat laci kartu SIM berjenis hybrid. Dengan demikian pengguna harus memilih memasang dua SIM Card sekaligus atau satu SIM Card dengan satu memori eksternal. 

Pada bagian bawah, pengguna akan mendapati lubang speaker, port USB Type-C, mikrofon, dan lubang jack 3.55 mm.

Layar

Ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, Poco X3 NFC dapat menghasilkan pergerakan gambar di layar yang lebih mulus pada angka refresh rate 120 Hz.

Dengan layar seluas ini, Poco X3 NFC lebih nyaman digenggam dengan dua tangan. Jika hanya digunakan dengan satu tangan, butuh usaha lebih agar jari bisa menjangkau seluruh permukaan layar.

Pada bagian atas layar, terdapat sebuah punch-hole alias lubang yang memuat kamera depan beresolusi 20 MP (f/2.2). Desain layar Poco X3 NFC ini terlihat premium. Pasalnya, desain layar dengan punch-hole ini cukup banyak diadopsi ponsel kelas atas semisal Samsung Galaxy S20 Series.

Kamera

Bentuk dari modul kamera Poco X3 NFC ini terlihat unik dan beda dengan ponsel lain. Terdapat pola lingkaran yang menjadi wadah dari modul tersebut.

Sementara keempat kamera yang terdapat di dalam modul terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.89) dengan sensor Sony IMX 682, kamera ultra-wide angle 13 MP (f/2.2), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

Kamera utamanya dilengkapi dengan teknologi EIS (Electronic Image Stabilization) yang mampu merekam gambar dengan lebih stabil. Kamera Poco X3 NFC mampu merekam gambar dengan resolusi hingga 4K 30 fps.

Kamera tersebut turut dibekali sejumlah fitur untuk mendukung fotografi, seperti Smooth Video Zoom, Focus Peaking, serta teknologi AI Skyscaping 3.0.

Performa

Snapdragon 732G masih menggunakan konfigurasi yang sama dengan Snapdragon 730G yakni CPU Kryo 470 dan GPU Adreno 618. Bedanya, clock speed Snapdragon 732G mencapai 2,3 Ghz.

Chipset tersebut dipadukan dengan dua pilihan RAM dan penyimpanan yang dapat dipilih, yakni 6 GB/64 GB dan 8 GB/128 GB.

Pengguna juga dapat memperluas kapasitas penyimpanan tersebut hingga 256 GB menggunakan slot Micro SD yang telah tersedia.

Fitur Gaming

Demi memberikan pengalaman gaming yang memuaskan, Xiaomi turut membekali Poco X3 NFC dengan sistem pendingin LiquidCool 1.0 yang disebut mampu menjaga suhu ponsel tetap stabil dan mencegah overheat.

Selain itu, ada pula teknologi Game Turbo 3.0, yang dapat meningkatkan performa ponsel ketika digunakan untuk bermain game.

Sementara Baterai yang tertanam pada Poco X3 NFC memiliki kapasitas sebesar 5.160 mAh dan sudah mendukung pengisian cepat (fast charging) 33 Watt.

Ketika dalam kondisi hampir kosong, ponsel ini terbukti dapat mengisi daya baterai secara penuh hanya dalam waktu sekitar satu jam lamanya.

Untuk sistem operasi, ponsel ini sudah menjalankan OS Android 10 yang dilapisi antarmuka MIUI 12.

Sesuai dengan namanya, Poco X3 NFC sudah memiliki NFC. Fitur ini berguna bagi Anda yang seringkali menggunakan uang elektronik. Melalui NFC ini Anda bisa mengisi ulang uang elektronik dengan mudah.

Bahkan fitur NFC yang dimiliki pada ponsel ini diklaim memiliki waktu respons 33 persen lebih cepat dibanding teknologi NFC pada ponsel kebanyakan.

Harga dan Ketersediaan

Untuk harga, Poco X3 NFC dijual di Indonesia dengan banderol harga retail Rp 3,2 juta untuk varian (6 GB/64 GB) dan Rp 3,5 juta untuk varian (8 GB/128 GB).

Xiaomi telah melakukan penjualan perdana pada 22 Oktober. Namun, akan ada sesi penjualan tambahan melalui aplikasi ShareSave pada Selasa, (27/10/2020) mulai pukul 13.00.

Penjualan berikutnya akan dilakukan pada tanggal 29 Oktober di e-commerce rekanan Xiaomi, mi.com dan Mi Store.

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/27/11400087/kesan-pertama-menggenggam-poco-x3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke