Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Luncurkan Layanan Cloud Gaming untuk Desktop dan Android

Facebook pun tak mau ketinggalan. Perusahaan media sosial terbesar di dunia itu meluncurkan layanan cloud gaming besutannya yang menyatu dengan layanan Facebook Gaming, bukan berdiri sebagai layanan terpisah seperti yang dilakukan perusahaan lain.

Bedanya lagi, layanan cloud gaming Facebook tidak menyajikan game "berat" berbayar, melainkan game mobile ringan yang bisa dimainkan secara gratis. Alih-alih biaya langganan dari pengguna, pendapatannya akan bersumber dari iklan dan in-app purchase.

Dalam sebuah posting blog, Facebook VP of Play Jason Rubin mengatakan pihaknya sengaja memilih game ringan untuk disalurkan lewat streaming karena ingin memberikan pengalaman bermain yang mulus untuk pengguna.

"Kami tak berusaha membuat Anda kagum dengan kemampuan data center, algoritma kompresi, resolusi, atau angka frame per detik," tulis Rubin, seakan menyindir Stadia yang menyajikan game AAA tapi banyak dikeluhkan mengalami masalah input lag dan stuttering.

Rubin juga menjelaskan bahwa layanan cloud gaming Facebook tidak ditujukan untuk menggantikan perangkat game tradisional, seperti konsol ataupun ponsel, melainkan sebagai alternatif yang lebih praktis saja.

Adapun game yang dapat dimainkan pada layanan cloud gaming Facebook ini di antaranya Asphalt 9: Legends, Mobile Legends: Adventure, PGA Tour Golf Shootout, Solitaire: Arthur’s Tale, WWE SuperCard, dan Dirt Bike Unchained.

Karena berbasis cloud streaming, deretan game tersebut bisa langsung dimainkan di Facebook Gaming, baik lewat aplikasi maupun browser, tanpa harus diunduh ataupun di-install terlebih dahulu.

Selain di perangkat Android, game juga bisa dimainkan di PC desktop serta laptop dengan keyboard dan mouse.  "Semua game cloud streaming bisa dimainkan dengan cara biasa di Facebook -baik melalui tab Gaming ataupun News Feed," imbuh Rubin.

Layanan cloud gaming Facebook sendiri untuk sekarang baru tersedia di beberapa wilayah di AS, yakni California, Connecticut, Delaware, Maryland, Massachusetts, New Jersey, New York, Pennsylvania, Rhode Island, Texas, Virginia, Washington, DC, and West Virginia.

Perangkat iOS seperti iPhone juga tidak kebagian karena masalah dengan kebijakan kebijakan cloud gaming Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Facebook, Rabu (28/10/2020).

https://tekno.kompas.com/read/2020/10/28/13160007/facebook-luncurkan-layanan-cloud-gaming-untuk-desktop-dan-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke