Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indosat Bangun Jaringan Transport 5G Ready SRv6, Pertama di Asia Pasifik

Jaringan transport 5g-ready SRv6 ini diklaim sebagai yang pertama digunakan di Asia Pasifik. Teknologi tersebut hadir guna memenuhi kebutuhan pelanggan di era digital, khususnya pada segmen retail dan bisnis.

Indosat berencana untuk menerapkan jaringan ini secara perdana di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Jabodetabek, Surabaya, dan Bali.

Solusi dari Huawei ini dibangun dengan router 50GE dan mikrowave 5G berbasis pulse amplitude modulation empat level (PAM4), sehingga diklaim menghasilkan bandwidth 10 Gbps dan total cost of ownership (TCO) yang 30 persen lebih rendah.

Bersama dengan perluasan jaringan serat optik Indosat, penerapan teknologi IP SRv6 sendiri diklaim mampu menyediakan jalur routing deterministik dan jaminan latency rendah.

Dengan demikian, harapannya Indosat dapat melayani para pelanggan dengan konektivitas data yang lebih cepat pada jaringan 5G.

"Sebagai bagian dari perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan retail dan bisnis yang semakin meningkat untuk cloud computing, layanan IoT, kebutuhan jaringan yang on-demand dan scalable," kata Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny dalam keterangan tertulis kepada KompasTekno, Selasa (3/11/2020).

"Kami sangat senang bermitra dengan Huawei untuk membangun infrastruktur jaringan generasi baru yang dapat diprogram dengan menghadirkan jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 pertama di Asia Pasifik," imbuh Medhat.

Kolaborasi ini turut mendapatkan respons yang positif dari pihak Huawei. CEO Huawei Indonesia Carrier Business, Andy Ma menyebut, teknologi SLA IP sejatinya telah dibangun oleh pihak Huawei sejak beberapa waktu lalu.

Selain itu, Andy turut mengatakan bahwa teknologi ini merupakan solusi dari masalah yang dialami oleh operator seluler mancanegara, dalam mengembangkan jaringan 5G.

"Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas, melalui kerja sama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo," ungkap Andy.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/03/20160097/indosat-bangun-jaringan-transport-5g-ready-srv6-pertama-di-asia-pasifik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke