Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Beli Hak Cipta Musik dari Sony

Kesepakatan ini membuat perpustakaan musik TikTok menjadi lebih luas dan pengguna bisa memilih lagu yang lebih beragam. Pengguna juga lebih leluasa menggunakan lagu-lagu di bawah naungan Sony Records untuk konten yang mereka buat.

Kesepakatan ini juga mencakup musik yang berada di bawah label Columbia Records dan Radio American Records.

Menurut sumber dekat industri, biaya hak cipta yang dibayar TikTok kepada Sony naik dengan signifikan. Namun, tidak dijelaskan secara rinci berapa biaya tersebut.

Dirangkum KompasTekno dari Reuters, Kamis (5/11/2020), kesepakatan itu membuat Sony bisa menggunakan TikTok untuk mempromosikan artis-artisnya. TikTok sendiri diibaratkan sebagai "rumah" bagi beragam konten viral di internet.

Kemitraan ini disepakati setelah kedua perusahaan bernegosiasi selama berbulan-bulan terkait perpanjangan kontrak. Selama masa negosiasi tersebut, TikTok harus menghadapi ancaman dari pemerintah Amerika Serikat (AS) yang mengancam memblokir TikTok.

Kendati demikian beberapa waktu lalu, hakim federal memblokir serangkaian pembatasan yang dilakukan pemerintah AS terhadap TikTok.

Saat ini, TikTok memiliki sekitar 700 juta pengguna di seluruh dunia. Pada awal tahun ini, TikTok juga menandatangani kesepakatan serupa dengan oraganisasi nirlaba yang berbasis di Inggris, Merlin.

TikTok juga menyepakati kemitraan dengan platform musik untuk artis independen yang berbasis di Paris, Believe. Kedua kemitraan tersebut dilakukan untuk memperluas perpustakaan musik TikTok.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/05/17060827/tiktok-beli-hak-cipta-musik-dari-sony

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke