Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Mulai "Hapus" Menu Control Panel di Windows 10

Namun, belakangan Microsoft berupaya mengalihkan pengguna Windows agar lebih banyak menggunakan Settings dengan mulai "menghapus" Control Panel secara perlahan. Salah satu langkahnya bisa ditemukan di update Windows 10 versi Oktober 2020.

Dalam pembaruan ini, pengguna dilaporkan tidak bisa mengakses menu System di Control Panel. Ketika ikon System di-klik, yang terbuka justru aplikasi Settings.

Redirect  tersebut terjadi karena Microsoft memang menambah flag untuk mengalihkan pengguna ke laman About di dalam aplikasi Settings > System.

Selain itu, menurut laporan TechRadar yang dihimpun KompasTekno, Sabtu (7/11/2020), Microsoft turut memblokir akses Control Panel dari menu Properties di Windows Explorer dan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang menyediakan shortcut ke Control Panel.

Dalam Windows 10 versi preview build, kabarnya menu Program and Features yang berada di bawah Control Panel juga akan dialihkan ke menu Apps and Features di Settings.

Menu Settings sendiri sebenarnya menyediakan fungsi yang serupa dengan Control Panel. Hanya saja tampilannya berbeda, yakni berupa daftar (list), bukan tabel seperti Control Panel.

Karena itu, Microsoft mungkin ingin menghilangkan Control Panel supaya fungsinya tidak bertumpuk dengan aplikasi Settings.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/07/15050097/microsoft-mulai-hapus-menu-control-panel-di-windows-10

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.