Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twit "Protes Pilpres AS" Trump Ditandai dan Disembunyikan Twitter

Kemenangan Biden rupanya menyulut protes pesaingnya, Donald Trump. Trump mengunggah beberapa kicauan yang sebagian ditulis dengan huruf kapital.

Beberapa kicauan Presiden AS ke-45 itu ditandai Twitter sebagai misinformasi. Salah satunya adalah twit deklarasi kemenangan Trump yang ditandai Twitter dengan keterangan "sumber resmi mungkin tidak disebutkan ketika twit ini dibuat".

Apabila keterangan dengan ikon huruf "i" itu diklik, maka akan muncul informasi yang bersumber dari para jurnalis yang memeriksa fakta (fact checkers).

Informasi tersebut berisi penggalan berita yang memproyeksi Biden dan wakilnya, Kamala Harris memenangkan pilpres AS mengalahkan Trump dan wakilnya, Mike Pence.

"Nominator Demokrat, Joe Biden mengalahkan Presiden Trump pada pilpres 2020 setelah menang di Pennsylvania dan mengamankan 20 suara elektoral negara bagian, berdasarkan proyeksi dari Associated Press dan NBC News," tulis penggalan informasi tersebut.

Dia mengatakan bahwa pengawas tidak diperkenankan masuk ke ruang penghitungan suara. Twit ini juga ditandai oleh Twitter dengan menyertakan informasi dari situs VOA.

"Dengan penghitungan suara yang terus berlanjut dan pemilihan presiden yang memenangkan Biden, para ahli dan pejabat mengatakan tidak ada bukti kecurangan pemilih yang meluas di pilpres AS 2020," begitu penggalan informasi bantahan yang diuraikan Twitter.

Permintaan Trump untuk menghentikan penghitungan suara juga disembunyikan oleh Twitter.

Sementara Trump, menjadi presiden dengan satu masa jabatan pertama sejak kepemimpinan George HW Bush pada awal 1990-an.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/08/08450017/twit-protes-pilpres-as-trump-ditandai-dan-disembunyikan-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke