Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Depan, Penyimpanan "Unlimited" di Google Photos Tidak Gratis Lagi

Mulai 1 Juni 2021 mendatang, ruang penyimpanan gratis yang tersedia hanya 15 GB. Lebih dari itu, pengguna harus membayar untuk menambah ruang penyimpanan.

Menurut Google melalui blog resmi, saat ini ada lebih dari 4 triliun foto disimpan di Google Photos, dan setiap minggunya 28 miliar foto dan video baru diunggah.

"Untuk menyambut lebih banyak memori Anda dan membangung Google Photo di kemudian hari, kami mengubah kebijakan penyimpanan 'berkualitas tinggi' tak terbatas kami," tulis Google.

Semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum tanggal 1 Juni 2021 belum terdampak perubahan kebijakan ini.

Sehingga, tidak akan mengurangi penyimpanan kapasitas 15 GB yang akan datang. Pembatasan ini tampaknya tidak akan berlaku bagi pengguna Google Pixel.

Mereka tetap bisa menyimpan foto dengan "kualitas tinggi" (bukan asli) secara gratis tanpa batasan setelah 1 Juni 2021. Google mengatakan, 80 persen pengguna Google Photos tidak akan menyentuh kapasitas 15 GB setidaknya hingga tiga tahun.

Selama lima tahun terakhir, Google Photos menawarkan penyimpanan unlimited secara gratis untuk menyimpan foto berkualitas tinggi.

Setelah perubahan ini berlaku, Google akan memberikan peringatan bagi pengguna bahwa kapasitas penyimpanan gratis hampir mencapai 15 GB.

Google juga telah menyediakan fitur untuk mengatur penyimpanan di Google Photos, termasuk cara untuk membuat pengguna mudah menemukan dan menghapus foto yang tidak lagi diinginkan. Seperti misalnya foto blur atau tangkapan layar (screenshot).

Pengguna juga bisa membeli kapasitas tambahan dengan Google One dengan harga mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk kapasitas ekstra 100 GB. Informasi paket dan harga Google One bisa dilihat di situs berikut.

Perubahan ini adalah salah satu dari beberapa perubahan kebijakan yang akan dilakukan Google, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Kamis (12/11/2020).

Termasuk perubahan kebijakan Google Drive yang menghitung dokumen dan spreadsheet Google Workspace dengan batasan kapasitas yang sama.

Google juga akan memperkenalkan kebijakan baru untuk menghapus data dari akun yang sudah tidak lagi aktif atau tidak pernah log in selama dua tahun.

"Sama halnya jika anda melebihi batas penyimpanan selama dua tahun, Google dapat menghapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto," tulis Google.

Google akan mengirimkan notifikasi beberapa kali sebelum akirnya menghapus konten yang dianggap kedaluwarsa. Sehingga, pengguna masih bisa menyelamatkan foto, video, atau dokumen lain sebelum dihapus.

Google mengimbau agar secara rutin mengecek Gmail, Drive, Photos di web atau mobile untuk mengetahui notifikasi tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/12/13524607/tahun-depan-penyimpanan-unlimited-di-google-photos-tidak-gratis-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke