Salin Artikel

Perjalanan PlayStation 5, dari Rumor hingga Bisa Dipesan di Indonesia

KOMPAS.com - Sekitar pertengahan Juni 2020 lalu, Sony menjawab segala rumor terkait suksesor konsol game PlayStation 4 (PS4), dengan menguak penampakan asli PlayStation 5 (PS5).

Kabar yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar tersebut diumumkan dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Jumat (12/6/2020) dini hari WIB.

Sekitar tiga bulan setelah acara itu, atau tepatnya pada September, Sony kembali menggelar acara virtual lain pada Kamis (17/9/2020) dini hari WIB.

Informasi yang disampaikan di acara ini lebih lengkap dari sebelumnya. Sebab, perusahaan asal Jepang itu resmi mengumumkan tanggal peluncuran dan harga resmi PS5 di sejumlah negara.

Di acara tersebut, Sony mengonfirmasi bahwa PS5 hadir dalam dua varian, yakni Standard Edition yang hadir dengan laci (slot) cakram (disc) Ultra HD Blu-ray fisik, dan Digital Edition yang sepenuhnya mengandalkan game berformat digital.

Kedua varian PS5 ini dijual dengan harga 499 dolar AS (sekitar Rp 7,3 juta) dan 399 dolar AS (sekitar Rp 5,9 juta) dan tersedia mulai 12 November (kawasan Amerika, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan) dan 19 November mendatang (di seluruh negara yang belum kebagian).

Indonesia kebagian 19 November?

Selepas acara tersebut, konsumen Indonesia pun menerka-nerka kapan sebenarnya PS5 bakal diluncurkan di Indonesia. Sebab, jadwal 19 November untuk negara selain disebut di atas, tidak begitu jelas.

Terlebih, harga jual resmi di Indonesia juga masih misterius lantaran informasi harga tadi masih berupa kurs mata uang asing saja.

Nah, kepastian tersebut terjawab pada Rabu (11/11/2020) kemarin, tepat satu hari sebelum PS5 tersedia di beberapa negara pada 12 November, atau dua bulan setelah pengumuman global tadi.

Alih-alih 19 November, PS5 bakal tersedia di pasar Indonesia pada tahun depan, tepatnya 22 Januari 2021. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Sony Interactive Entertainment Singapore (SIES) dalam sebuah blog resmi.

Di Tanah Air, PS5 Standard Edition dijual dengan harga Rp 8,8 juta, lebih mahal Rp 1,5 juta dari harga resminya di AS yang dikonversikan tadi.

PS5 Digital Edition sendiri dilego dengan harga Rp 7,3 juta, lebih mahal Rp 1,4 juta dari harga resmi di AS yang berasal dari hasil konversi mata uang.

Meski baru masuk Indonesia sekitar dua bulan lagi, konsumen di Indonesia sudah bisa memesan PS5, berikut aksesorinya, di beberapa gerai yang bekerja sama dengan Sony mulai 18 Desember 2020. Daftar gerai lengkap bisa dilihat di tautan berikut.

Aksesori dan game penunjang

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selain merilis PS5, Sony turut menjual beragam aksesori serta beberapa game yang bisa dimainkan oleh konsumen pada saat hari peluncuran (launch day).

Ada lima aksesori yang dijual Sony untuk menunjang pengalaman bermain pengguna. Kelima aksesori tersebut bisa dipesan bersamaan dengan PS5, dan bakal tersedia pada 22 Januari 2021 mendatang di Indonesia. Berikut daftar harga lengkapnya:

- DualSense™ Wireless Controller (standalone) – Rp 1.269.000
- PULSE 3D™ wireless headset Rp 1.699.000
- HD Camera – Rp 999.000
- Media Remote - Rp 499.000
- DualSense™ Charging Station - Rp 499.000

Sony juga memiliki beberapa game eksklusif yang bisa dimainkan langsung saat pengguna mendapatkan PS5. Berikut daftar game eksklusif Sony tersebut, lengkap dengan informasi harganya.

- Astro’s Playroom (Japan Studio) – gratis dan sudah terpasang di PS5
- Demon’s Souls (Bluepoint Games / Japan Studio) – Rp 1.029.000
- Marvel’s Spider-Man: Miles Morales (Insomniac Games) – Rp 729.000
- Marvel’s Spider-Man: Miles Morales Ultimate Edition (Insomniac Games) – Rp 1.029.000
- Sackboy A Big Adventure (Sumo Digital / XDEV) – Rp 879.000

Bedanya dengan PS4?

Kembali lagi ke PS5, konsol ini sejatinya dibekali dengan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya yang dirilis sekitar tahun 2013.

Selain desainnya yang mencolok (dominan warna putih, alih-alih hitam), bongsor (dimensi 39 cm x 26 cm x 10,4 cm), dan jelas-jelas tidak sama dengan PS4, "jeroan" PS5 juga turut berbeda.

Dari komponen prosesor, misalnya, konsol anyar tersebut kini ditenagai dengan AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz. Prosesor ini lebih tinggi dibanding PS4 yang ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz.

Kemudian, kapasitas RAM PS5 juga dua kali lebih besar dibanding PS4, yakni 16 GB. Di aspek lain, kemampuan grafis PS5 juga mendapat peningkatan dengan pengolah grafis (GPU) berbasis RDNA 2 milik AMD.

GPU ini memiliki 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops, meningkat jauh dari PS4 dengan 18 CUs dan daya komputasi 1,84 teraflops.

Tak ketinggalan, media penyimpanan (storage) PS5 pun kini sudah beralih menggunakan Solid State Drive (SSD) yang memiliki kecepatan read/write jauh lebih tinggi dibanding Hard Disk Drive (HDD) pada PS4.

Dengan media penyimpanan ini, waktu loading game diklaim akan lebih singkat. Bahkan, PS5 diklaim mampu menjalankan game Spider-Man: Miles Morales dalam 17 detik, lebih cepat dibandingkan versi PS4-nya yang memakan waktu 1 menit 27 detik.

Adapun SSD PS5 yang berkapasitas 825 GB ini masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.  Namun, komponen laci (slot drive) SSD ekstra tersebut dikonfirmasi belum bisa dipakai pada saat peluncuran awal PS5.

Fitur penunjang lainnya mencakup dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, 4K dengan refresh rate 120 Hz, HDR, ray-tracing, serta audio 3D.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/12/19110057/perjalanan-playstation-5-dari-rumor-hingga-bisa-dipesan-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.