Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Rombak Tampilan Aplikasinya, Muncul Tombol Reels dan Belanja

Tampilan Instagram kini mulai berubah terutama di tombol-tombol navigasinya. Di pembaruannya, Instagram membubuhkan tombol fitur Reels dan Instagram Shopping (belanja) secara khusus.

Dua tombol itu terletak di sisi bawah, berjajar dengan tombol home, pencarian (explore), dan profil. Sebelumnya, posisi tombol Reels dan belanja dihuni oleh tombol unggah foto dan video serta notifikasi.

Kedua tombol itu kini berpindah di sisi atas, sejajar dengan tombol pesan langsung (direct message/DM).

"Kami tidak menganggap remeh perubahan ini, kami belum memperbarui beranda Instagram secara besar-besaran selama beberapa waktu," tulis CEO Instagram, Adam Mosseri yang juga membagikan pembaruan ini lewat Instagram pribadinya.

Dia mengatakan, tab Reels bakal memudahkan pengguna menemukan video pendek dari kreator di seluruh dunia. Reels merupakan fitur yang dirilis Instagram untuk menyaingi TikTok.

"Kami juga melihat lebih banyak orang membeli online dan mencari kreator untuk menemukan rekomendasi belanja," tulis Mosseri di akun Instagramnya.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (13/11/2020), perubahan ini diluncurkan tidak lama setelah fitur Reels dirilis di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Namun, hingga kini fitur itu belum sampai di Indonesia.

Walhasil, kemungkinan perubahan tampilan ini belum tiba di pengguna Instagram Indonesia.
Kendati demikian, Instagram sudah menghadirkan fitur belanja di Indonesia.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat, memilih, dan membeli produk dari kreator atau toko langsung dari aplikasi Instagram.

Fitur Instagram Shopping juga akan memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan preferensi pengguna, menampilkan menu pilihan editor yang dikurasi kanal @Shop, koleksi toko, dan fitur jelajah produk.

Instagram Shopping bisa ditemukan dengan mengetuk tombol pencarian atau explore, kemudian ketuk kolom "toko" atau "shop" yang terletak di sisi atas layar.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/13/06580097/instagram-rombak-tampilan-aplikasinya-muncul-tombol-reels-dan-belanja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke