Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitter Luncurkan Fleets, Fitur Mirip Instagram Stories

KOMPAS.com -Setelah diuji coba sejak Juni lalu, fitur Fleets akhirnya resmi diluncurkan Twitter. Negara yang kebagian fitur Fleets di gelombang awal antara lain Brasil, India, Italia, Korea Selatan, dan Jepang.

Pantauan KompasTekno, saat berita ini ditayangkan, fitur Fleets belum tersedia untuk Indonesia. Twitter mengatakan fitur ini akan dirilis ke lebih banyak negara di waktu depan.

Lantas, apa itu Fleets? Twitter Fleets adalah fitur untuk berbagi foto, video, atau konten lainnya dengan durasi tayang 24 jam sebelum terhapus sendiri.

Fitur ini bisa dibilang sangat mirip dengan Instagram Stories. Tidak hanya teks, pengguna dapat mengunggah postingan tweet, foto, dan video di Fleets.

Nantinya, unggahan Fleets dari akun yang diikuti akan dijejerkan di sisi atas timeline, layaknya tampilan Instagram Stories.

Fleets dari orang yang Anda ikuti dan mengkuti Anda (mutual) akan muncul lebih awal, diikuti oleh akun yang hanya Anda ikuti saja.

Pengguna juga bisa memberikan emoji, like, atau membalas Fleet melalui pesan langsung dan membuat percakapan di sana. Dengan begitu, unggahan tidak akan terlihat publik dan lebih bersifat personal.

Twitter juga diketahui tengah menguji coba fitur bernama "Audio Spaces", yang memungkinkan pengguna membuat ruang obrolan dengan beberapa pengguna lain dalam satu grup.

"Konten berbentuk audio kini tengah mengalami kemajuan dan sudah banyak diadopsi untuk ruang obrolan virtual," kata Kayvon Beykpour, Product Lead Twitter.

"Kami (Twitter) tertarik untuk menjajaki dan melihat bagaimana platform lain dapat mengembangkan konten audio ini," lanjutnya.

Selain itu, Twitter juga mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan fitur baru untuk memungkinkan pengguna mengunggah kicauan dalam format audio serta menyediakan fitur transkripsi untuk memahami isi pembicaraan.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (18/11/2020), fitur transkripsi ini kabarnya sedang diuji coba di Brasil dan akan hadir pada 2021 mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/18/08450067/twitter-luncurkan-fleets-fitur-mirip-instagram-stories

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke