Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Mulai Selipkan Iklan di iPhone dan iPad?

KOMPAS.com - Tahun ini, Apple terlihat mulai agresif dalam hal iklan di perangkatnya. Para pengguna iOS dan iPadOS disebut akan sering menjumpai iklan lewat perangkat mereka.

Fitur ini sebelumnya lazim ditemui di ponsel-ponsel Android buatan China, seperti Xiaomi dan Realme. Bahkan, Samsung juga mulai mengadopsi fitur ini, meski baru di negara asalnya saja, dan lewat aplikasi khusus.

Namun berbeda dengan Samsung, iklan yang ditampilkan Apple saat ini hanya menampilkan produk dan layanan Apple saja, bukan dari brand (merek) lain.

Temuan iklan ini pertama kali diungkap oleh salah satu pengguna iPhone bernama Tom Warren di media sosial Twitter.

Sebuah screenshot yang diunggah Tom memperlihatkan iklan di bagian menu pengaturan ponsel. Isinya berbunyi rekomendasi untuk berlangganan layanan gaming berbayar bernama Apple Arcade.

"Meskipun saya telah menolaknya, namun iklan itu tetap ada. Ini ada di perangkat iPhone 12 saya dan ternyata juga muncul di iPad Pro saya (Generasi ke-2)," ujar Ryan dalam kicuannya.

Jika saat ini iklan yang ditampilkan masih sebatas produk dan layanan Apple, namun tak menutup kemungkinan Apple menampilkan iklan produk lain di perangkatnya.

Sejauh ini, Apple belum mengonfirmasi soal kemunculan iklan tersebut. Belum diketahui pula, perangkat apa saja yang nantinya akan dimunculkan iklan serupa di menu pengaturan ponsel.

Sebelumnya pada Juni lalu, Apple telah memperkenalkan iPadOS 14 dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2020.

iPadOS 14 membawa perubahan antarmuka untuk perangkat iPad dan peningkatan performa Apple Pencil sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Toms Guide, Kamis (19/11/2020).

Tak hanya itu, iPadOS juga memungkinkan pengguna dapat menjalankan aplikasi ketiga untuk sejumlah fitur. Kemampuan tersebut bisa meningkatkan produktivitas pengguna saat menggunakan iPad.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/19/09020097/apple-mulai-selipkan-iklan-di-iphone-dan-ipad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke