Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Backup Data Game PS4 ke Flashdisk

Pada berbagai perangkat, seperti PC hingga konsol PlayStation 4 (PS4), data game yang tersimpan bisa saja rusak atau corrupt karena kesalahan hardware.

Nah, agar tidak terjadi beragam hal yang tidak diinginkan terkait save data, pemain PS4 bisa mencadangkan file tersebut ke flashdisk atau harddisk eksternal.

Lantas, bagaimana caranya? Mari ikuti langkah-langkah yang disusun KompasTekno, Sabtu (21/11/2020).

Kemudian, pengguna akan disodori dengan beragam menu pengaturan sistem PS4. Di sini, pilih menu "Application Saved Data Management".

Di menu selanjutnya, pilih "Saved Data in System Storage" dan pilih "Copy to USB Storage Device". Setelah itu di halaman berikutnya, pemain bisa melihat daftar game PS4 apa saja yang datanya tersimpan di dalam sistem.

Setelah meng-klik tombol tersebut, PS4 bakal memulai proses penyalinan atau back up data dari sistem ke flashdisk.

Nah, apabila pengguna ingin lebih aman, mereka bisa menyalin kembali data yang sudah tersimpan di flashdisk tadi ke komputer.

Caranya cukup mudah, Anda cukup menyalin seluruh isi folder "SAVEDATA" yang ada di dalam flashdisk atau harddisk eksternal ke perangkat komputer.

Langkah-langkahnya bisa dibilang sama dengan cara menyalin data dari PS4 ke flashdisk tadi. 

Pertama-tama, sambungkan flashdisk yang berisi datake PS4. Kemudian pergi ke menu "Application Saved Data Management". Di menu tersebut, pilih opsi  "Saved Data on USB Storage Device".

Kemudian, pilih menu "Copy to System Storage" dan pilih game yang save data-nya ingin disalin atau dipulihkan. Terakhir, pilih file save data yang ingin disalin ke PS4 dan klik tombol "Copy".

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/21/18190087/begini-cara-backup-data-game-ps4-ke-flashdisk-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke