Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas, Postingan Twitter Fleets Bisa Dilihat dan Diunduh walau Lewat 24 Jam

Belum lama dirilis, fitur yang mirip Instagram Stories ini kembali bermasalah. Setelah sempat terkendala masalah terkait performa dan stabilitas, kini Fleets kedapatan memiliki bug, atau kelemahan sistem.

Bug ini menyebabkan pengguna lain tetap bisa melihat postingan foto/video yang diunggah di Fleets, meski telah melebihi batas, yakni 24 jam waktu yang ditentukan. Parahnya lagi, unggahan Fleets juga bisa diunduh tanpa sepengetahuan pengguna.

Diketahui Twitter ternyata menyimpan data postingan Fleets di servernya selama 30 hari. Bahkan lebih lama untuk unggahan yang menyalahi aturan panduan postingan.

Nah, data postingan yang disimpan di server itu bisa diakses menggunakan link URL, sehingga jika langsung diakses melalui URL, pengguna tidak tahu atau tidak ada notifikasi siapa yang telah melihat. Postingan URL itu juga bisa di-download.

Pihak Twitter diktuip KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (24/11/2020), telah menyadari adanya bug dalam fitur baru mereka, dan mengaku tengah mencari solusi untuk memperbaiki bug sesegera mungkin.

"Kami mengetahui adanya bug yang dapat diakses melalui solusi teknis dimana beberapa URL media Fleets dapat diakses setelah 24 jam. Kami sedang mengerjakan perbaikan yang akan kami turut luncurkan dalam waktu dekat," kata juru bicara Twitter.

Tak dipungkiri bahwa fitur Fleets masih tergolong baru, sehingga masih banyak ketidaksempurnaan.

Fleets hanya memiliki fitur berbagi selama 24 jam saja, belum ada fitur penunjang seperti filter atau kamera Augmented Reality (AR), layaknya Snapchat atau Instagram Stories.

Sebelumnya, Twitter juga telah mengonfirmasi adanya kendala terkait performa dan stabilitas Fleets, meski tidak dijelaskan secara rinci masalah apa, dan dampaknya kepada pengguna.

Karena itu, untuk saat ini Twitter terpaksa harus mengerem penyebaran fitur Fleets untuk pengguna.

"Kami memperlambat pengguliran fitur Fleet untuk memperbaiki beberapa masalah performa dan stabilitas. Apabila Anda belum mendapatkan fitur ini, kemungkinan Anda tidak akan mendapatkannya dalam beberapa hari ke depan," tulis Twitter di blog resminya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/11/24/18160097/awas-postingan-twitter-fleets-bisa-dilihat-dan-diunduh-walau-lewat-24-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke