Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 888

Qualcomm lebih memilih penamaan 888, bukan Snapdragon 875 seperti dirumorkan dan tidak mengikuti tradisi sebelumnya yang menggunakan akhiran angka lima.

Chipset Snapdragon 888 akan menjadi otak jajaran smartphone flagship yang akan dirilis tahun 2021.

"Snapdragon 888 5G menawarkan pengalaman yang premium yang layak Anda dapatkan," Lekha Motiwala, Director Product Management Qualcomm Technologies Inc, seperti dipantau KompasTekno, dalam presentasi yang disiarkan secara online.

Salah satu spesifikasi utama yang diunggulkan chipset ini adalah peningkatan besar untuk dukungan jaringan 5G.

Snapdragon 888 memiliki modem 5G X60 yang sudah menyatu sepenuhnya dengan system on chip (SoC). Berbeda dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 865 yang menggunakan chip modem 5G terpisah.

Modem Snapdragon X60 dibangun dengan fabrikasi 5 nm yang menawarkan konsumsi daya lebih hemat.

Modem RF-System generasi ketiga tersebut juga memiliki kompatibilitas mmWave dan sub-6 5G. X60 juga mendukung multi-SIM, 5G standalone, 5G non-standalone, FDD, TDD, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Kompatibilitas dan dukungan di atas menjamin fitur 5G pada Snapdragon 888 dapat dipakai di seluruh jaringan dan perangkat 5G. Ada juga Dynamic Spectrum Sharing untuk meningkatkan dukungan dengan jaringan 4G yang sudah ada.

Selain 5G, Snapdragon 888 didukung AI Engine generasi keenam yang menjanjikan peningkatan performa yang lebih besar serta penghematan daya untuk menggunakan fitur kecerdasan buatan.

Pada sektor grafis, kinerja Adreno GPU juga ditingkatkan, meskipun belum dijelaskan sejauh apa peningkatan spesifiknya. Snapdragon 888 juga didukung Elite Gaming generasi ketiga.

"Snapdragon Elite Gaming akan tersedia di ratusan juta pengguna Android dan memiliki peningkatan terbesar Adreno GPU," jelas Alex Katouzian, SVP & GM of Mobile Compute and Infrastructure Qualcomm Technologies Inc.

Qualcomm juga meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar di Snapdragon 888 yang mampu mengambil 120 foto per detik pada resolusi 12 megapiksel berkat pembaruan ISP yang diklaim 35 persen lebih kencang.

Prosesor gambar Spectra yang baru diklaim mampu meningkatkan kecepatan pengambilan foto atau video hingga 2,7 gigapiksel per detik.

Katouzian juga menyebut sejumlah vendor smartphone yang siap menggunakan chipset Snapdragon 888 tahun depan. Adapun di antaranya adalah Xiaomi, Oppo, Realme, OnePlus, Vivo, Asus, dan masih banyak lagi.

Acara Tech Summit masih akan berlanjut dalam dua hari ke depan. Penjelasan lebih komprehensif seputar chipset terbaru Qualcomm akan dibeberkan pada hari ini.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/02/07590077/qualcomm-umumkan-chipset-snapdragon-888

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke