Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Berikutnya Pakai Lensa Periskop Samsung?

Laporan terbaru dari situs teknologi asal Korea Selatan, ETNews, menyebut Apple tengah berupaya meningkatkan kemampuan zoom kamera miliknya.

Sumber yang dekat dengan industri mengatakan Apple ingin memiliki fitur zoom ekstrem di kamera telefoto. Menurut laporan, untuk dapat membawa kemampuan tersebut Apple akan bekerja sama dengan Samsung.

Apple kemungkinan besar akan menggunakan lensa periskop dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Kendati demikian, baik Apple dan Samsung belum memberikan komentar terkait rumor ini. Kedua perusahaan pun konon belum mencapai kesepakatan.

Pasalnya, Apple dikenal sebagai perusahaan yang perfeksionis. Apple dikenal memiliki pendekatan yang lebih terukur dalam membawa fitur baru, ketimbang perusahaan lain. Apple hanya akan membawa teknologi yang sudah matang ke dalam iPhone.

Kesepakatan ini juga diragukan akan tercapai dengan mudah sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ET News, Kamis (3/12/2020).

Sebab, teknologi lensa periskop adalah salah satu fitur andalan Samsung. Sehingga, "rahasia dapur" tersebut diduga kuat tidak dibagikan dengan mudah karena kompetisi pasar.

Hadir di Galaxy S20 Ultra

Terlepas dari itu, Samsung sendiri menghadirkan lensa periskop di Galaxy S20 Ultra. Wujud modul kamera "periskop" Galaxy S20 Ultra juga unik. Modul kamera telefoto (48 MP) diposisikan menyamping.

Di dalamnya, terdapat sejumlah lensa periskop (kaca prisma) "Folded Lens", yang dimuat dalam sebuah modul slider yang bisa digeser ke kiri dan ke kanan, untuk menghasilkan zoom optis 4x yang bisa ditingkatkan lebih jauh hingga 100x dengan bantuan software.

Belum diketahui apakah teknologi kamera telefoto Galaxy S20 Ultra ini bakal diadopsi di iPhone berikutnya atau tidak. 

Yang jelas, selain S20 Ultra, lensa jenis periskop diketahui sudah lebih dulu diterapkan di Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x zoom.

https://tekno.kompas.com/read/2020/12/03/10410057/iphone-berikutnya-pakai-lensa-periskop-samsung-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke